2 April 2012

Divortiare - a review

Judul : Divortiare
Penulis : Ika Natassa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama




Baca judulnya aja udah kebayang kalo ini bakal cerita tentang perceraian. Adalah Alexandra, 27 tahun. Seorang banker sukses yang menikah dengan seorang dokter jantung terkenal, Beno. Sama-sama sibuk. Sama-sama gila kerja. Jarang ketemu, komunikasi buruk, sama-sama egois. Jadilah pernikahan yang baru berumur dua tahun itu harus selesai sampe disitu. Karena kalo diteruskan, menurut Alexandra, bakal lebih menyakitkan.

Ada banyak hal yang terjadi setelah perceraian mereka. Bisikan-bisikan di sekitar Alexandra yang memaksa dia move-on dari Beno. Alexandra pengen, tapi toh nyatanya dia masih sayang sama Beno. Sayang banget. Apalagi tatto nama Beno di dada kirinya yang dibuat saat mereka bulan madu di Bali itu selalu mengingatkan dia bahwa Beno pernah begitu dekatnya dengan hatinya. Pernah atau masih? Alexandra bisa aja bilang dia benci banget sama Beno. Tapi hati nggak pernah bisa bohong. Hati selalu merasakan apa yang memang semestinya dirasakan.

Lalu Alexandra berpacaran dengan Denny. Kenalannya semasa kuliah. Hal-hal manis yang dilakukan Denny ini ya bok, kalo gue jadi Alexandra, udah kelepek-kelepek pasti. Denny yang selalu ngalah, Denny yang care, Denny yang nggak pernah marah sekalipun Alexandra salah. But, hei, hati selalu memilih berlabuh pada orang yang bisa membuat jutaan kupu-kupu menyerbu perutmu, bukan? Jadi, jangan salahkan Alexandra, yang walaupun sudah setengah mati berusaha menggantikan Beno dengan Denny, nyatanya masih tidak bisa.

Karena kalo lo nyari pengganti Beno, sampe kapanpun nggak bakal ada, Beno cuma satu dan nggak akan ada yang bisa kayak dia. Yang lo butuhkan adalah orang yang menyayangi lo, peduli sama lo, dan menjaga lo baik-baik...


Nyinyiran panas dari keluarga, bahkan orang-orang disekitar tentang status janda Alexandra, amat sangat mengganggu bagi Alexandra. Apalagi kakak Denny juga mempermasalahkan itu. Saat "duda keren" terdengar sangat cool, "janda kembang" justru sebaliknya.  

Kita memang tidak pernah bisa mengatur apa yang orang bicarakan tentang kita. Tapi kita bisa memilih... mau mendengarkan, atau tidak...



Ada satu omongan yang Denny bilang ke Alexandra yang melekaaaaat banget dalam pikiran gue. Gue merinding bacanya, bahkan sampe pengen nangis terharu...

"Sayang, aku mungkin gak akan pernah bisa jadi seperti dia. Aku gak bisa menyelamatkan nyawa ibu kamu. Aku tidak bisa melakukan banyak hal yang bisa dia lakukan. Tapi aku sayang sama kamu. Sayang banget. Dan aku janji bakal melakukan apapun untuk membuat kamu bahagia"

Bilang ke gue coba, cewek mana yang nggak meleleh dibilangin gitu? Cewek mana? Dengan semua ke-care-an Denny. Dengan semua yang Denny berusaha kasih. Sampe akhirnya Denny ngelamar Alexandra dan Alexandra memilih untuk tunangan dulu, gue lega banget. Gue sih nggak pro Beno atau pro Denny, ya. Tapi ngeliat 180 derajat beda sikap Beno dan Denny, siapapun juga bakal lebih milih Denny. Halloooo... Denny tuh sayang banget sama Alexandra. Dia ngelakuin apa aja untuk bikin Alexandra seneng. Sementara Beno? Egois, keras kepala, pemarah.... Tapi lagi-lagi hati nggak pernah bisa bohong. Gue tercengang sama endingnya...

Baca buku ini... gue dibikin sebel sama sikap Beno. Pengen nampol si Beno. Gila aja, ngajakin berantem mulu emang orangnya... Hahahha... Dibikin meleleh sama sikap manis Denny... Duuuuhh.... Dibikin geregetan sama sikap plin-plannya Alexandra... Hiiih. Dibikin haru, dibikin pingin nangis. Campur aduk deh pokoknya...

Ada banyak hal yang gue pelajari dari Divortiare ini. Salah satunya adalah, suami-istri yang sama-sama sibuk sama pekerjaannya nggak bakal baik buat pernikahan mereka. Jadi, abis baca ini, gue memantapkan hati dengan keputusan gue kemaren-kemaren. Kelak, jika gue menikah, gue nggak akan memaksakan kehendak gue untuk berkarier tinggi. Emanispasi memang. Tapi biarlah suami gue yang menjalankan tugas mulia itu. Gue akan mendedikasikan hidup gue buat suami dan anak. Iya gue tau, sayang banget ijazah gue kan? Udah kuliah susah-susah kan? Tapi hidup adalah pilihan. Dan gue lebih memilih mengalah daripada harus mengorbankan rumah tangga gue :)

1 komentar:

Blog Design ByWulansari