24 April 2012

disorientasi arah

Pernah baca postingan gue tentang hal-hal yang gue banget? salah satunya adalah : disorientasi parah akan arah. Salah satu dari sekian banyak hal yang selalu bikin bebii khawatir. Dan gue lupa sejak kapan, juga nggak tau apa awal mulanya, tapi gue bego banget dalam urusan arah. Bahkan bukan bego, tapi emang bener-bener 'kacau'. Kalo bego kan bisa jadi 'pinter' dengan belajar. Nah gue? Untuk menuju rumah yang udah bertahun-tahun gue tinggalin dan selalu menjadi tujuan gue pulang pun tetep aja bisa nyasar.




Gue tau kanan sama kiri. Tau depan sama belakang. Bisa kok bedain mana sebelah kanan, mana sebelah kiri. Tapiii. Kalo sudah dihadapkan pada arah jalan, apalagi kalo jalan itu bercabang dan banyak banget belokannya, Allahuakbar banget, gue nyerah! Bakal kacau banget gue. Bakal nggak bisa bedain mana kanan mana kiri. Udah nggak tau lagi mana depan mana belakang.

Gue pelupa, nggak gampang nginget. Iyah banget. Tapi untuk masalah arah ini lain lagi ceritanya. Gue kayaknya emang nggak diberi kemampuan untuk mengingat arah. Sekuat apapun gue mencoba menghafal jalan menuju suatu tempat, gue nggak akan pernah bisa. Bikin denah? Percuma! Denah nya benar, petunjuk arahnya bener, gue nya yang bego nggak bisa baca denah itu dan salah arah yang berujung gue nyasar dan nggak bakalan nyampe ke tempat yang dituju.

Untuk alasan itulah kenapa gue selalu bermasalah kalo nyetir kendaraan sendiri. Sejauh ini sih gue mengakalinya dengan 'mengingat' bangunan yang dekat tempat yang gue tuju. Kalo jalan lurus sih gue nggak masalah. Belokan-belokannya ini loh. Bisa aja gue udah 'yakin' hafal dan tau belokannya karena udah berulang-ulang kesana. Tapi begitu dihadapkan pada pilihan belokan-belokan itu, gue akan merasa asing lagi. Padahal udah sering lewat, tapi dalem hati gue bakal tetep nanya ragu "ini bener nggak sih lewat sini?" atau "Eh apa iya belokannya kesini? kok asing sih tempatnya", dan pertanyaan-pertanyaan ragu semacam itu lainnya.

Makanya... daripada nyetir kendaraan sendirian. Gue lebih memilih naik angkutan umum. Tinggal menghafal naik angkot jurusan apa dan warna apa dan berenti dimana. Nggak perlu khawatir belok kemana-kemananya. Nggak bakalan nyasar. Tapi iya sih rempong, untuk ukuran gue yang selalu nggak nyaman naik angkutan umum karena (kadang) penumpangnya rese, ngerokok sesukanya, tidur sesukanya, duduk sesukanya. Tapi gue masih milih naik kendaraan umum lah daripada nyetir kendaraan sendiri dan nyasar-nyasar. Nyahahahha. Apalagi kalo di Palembang. Meeeeh. Selain takut nyasar, gue juga nggak berani karena jalananya rame banget!

Hal paling memalukan yang berkenaan masalah disorientasi arah ini adalah, jaman gue SMA. Nggak terlupakan buat gue karena termasuk yang paling parah! :D Ceritanya mau main kerumah temen yang jauuuuuuh banget. Gue udah sering sih main kesana. Biasanya dijemput temen yang lain. Tapi kali itu karena sesuatu hal, gue telat, jadi temen-temen yang lain udah duluan kesana dan gue nyusul. Jadilah gue berangkat motoran sendirian. Rumahnya ini jauh banget dan dalem kompleks. Tau sendiri lah ya kompleks perumahan itu belokannya ada seberapa banyak. Temen-temen gue yang tau gue disorientasi arah ini menawarkan jemput gue di gerbang kompleks, tapi gue menolak dengan alasan nggak mau ngerepotin. Akhirnya mereka memutuskan untuk 'memandu' gue lewat telpon.

Panduan bener. Temen gue bilang "belok kanan", "lurus, mentok, belok kiri". Yang gitu-gitu. Panduannya udah bener dan udah sejelas mungkin. Tapi gue nggak nemu rumah temen gue itu. Berkali-kali gue muterin, ngikutin panduan temen gue tadi. Ada kali 8 sampe 10 kali. Udah dua jam lebih. Gue nyerah. Nelpon temen gue dan minta dijemput. Tebak apa yang terjadi sodara-sodara... Iyak banget!!! Paduannya udah bener belok kanan, tapi yang gue lakukan justru belok kiri. Mau gue muterin sampe kiamat pun nggak bakalan sampe kerumah yang gue tuju. *nangis guling-guling*

Kebodohan lain yang terjadi sama gue gegara disorientasi arah ini adalah : NYASAR DI PTC. Jadi ceritanya janjian nih sama tika (sahabat gue dikampus) buat belanja-belenji ke PTC, beli jilbab gitu rencananya. Karena Tika langsung dari layo dan gue dari kostan, kita janjian ketemuan di PTC. Tika sampe duluan, dia ngasih tau gue dia lagi dimana. Gue sok-sokan gitu nggak mau ketemuan aja di depan PTC, gue suruh tika nunggu tetep ditempat dia itu ntar gue nyusul. Apa yang kejadian coba? Iyak, betul sekali. Gue nyasar di dalem PTC itu. Belokannya boooook banyak banget sumpah. Gue udah beneran kayak anak ilang disana. Gue tau tempat tika nunggu itu dimana, tapi untuk menuju kesananya itu gue nggak tau gimana caranya. Huhuhuhu. Akhirnya menyerah dan ketemuan sama tika di depan pintu masuk PTC x))

Pernah juga nih waktu lagi sama bebii. Ah ini mah sering. Tapi yang diketawain banget sama bebii pas lagi di Kantor Pajak Pratama Baturaja, kan sama bebii nih kesananya, urusan data skripsi kemaren ituh. Nah belokannya didalem kantor ini nggak banyak kok, sebenernya. Tapi karena masuknya dari pintu sebelah sini dan keluarnya dari pintu yang lain. Eh. Pintu sama sih. Cuma arahnya yang lain. Kan pas masuk dari depan, dari arah luar. Keluarnya dari dalem kan. Begitu mau keluar, gue nggak tau mau kearah mana. Merasa asing gitu. Dan emang asing karena gue baru beberapa kali kesana. Tapi semestinya udah tau lah, kan nggak berubah, sama aja kayak masuk tadi, cuma arahnya aja yang beda. Gue yang langsung blank, ngerasa tersesat, dan langsung diem ditempat. Bebii megang tangan gue dan menuntun keluar. Sambil cekikikan jelas. Gue udah gemes banget ituh. Gemes sama diri gue sendiri, bego banget nggak sih gitu aja nggak tau :(


Dan masih banyak "nyasar-nyasar" lainnya yang gue alami akibat disorientasi arah gue yang parah banget ini. Nyasar karena mengunjungi tempat baru sih oke-oke aja kali. Wajar lah. Semua orang juga mungkin aja begitu. Tapi kalo nyasar ke tempat yang udah sering dikunjungi? kayak gue ini? Duuuuh. Malu-maluin.

Untuk alasan itulah juga kenapa sekarang tiap kali gue bilang mau ke suatu tempat, bebii mastiin berulang-ulang gue sama siapa kesana. Kalo sendirian, bebii lebih memilih menunda pekerjaannya dan 'nganterin' gue. Hahahha. Atau kalo terpaksa dia nggak bisa nganterin, ya lima menit sekali gue ditelponin, ditanyain lagi dimana xD

Enak banget ya kalo mau nyulik gue??? Nggak perlu ke tempat yang gue nggak tau. Bawa aja ke tempat-tempat yang banyak belokannya. Sekalipun gue udah sering kesana, yakinlah gue bakal tetep nyasar dan nggak tau jalan pulang xD Eh itu yang baca dilarang ketawa-ketawa yaaaa....

2 komentar:

  1. mampir and kasih testimony laman gue juga ya..
    hmmz... salam silaturahiim..
    http://mahmudefendi.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Samaaa...baca postingan ini kyk menemukan yg senasib...di gedung masuk dan keluar sudah bingung, kerumah tmn, slalu kesasar...

    BalasHapus

Blog Design ByWulansari