25 Juli 2012

the(un)realityshow

Judul : The (un) Reality Show
Penulis : Clara Ng
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

***
Ada yang pernah baca review gue disini tentang buku lainnya mbak clara? Judulnya waktu itu Dimsum Terakhir. Postingan kali ini gue mau review buku Mbak Clara lagi nih. Kali ini yang judulnya The (un) Reality Show. Buku ketiga mbak Clara yang gue punya, dan buku kedua yang gue baca sampe selesai. Tau lah ya, si Utukki kagak dibaca sampe selesai karena nggak masuk sama ceritanya :p

Sama seperti kesan gue waktu baca Dimsum Terakhir. The (un) reality Show ini juga menceritakan kehidupan banyak tokoh. Bok. Delapan kisah kehidupan yang berbeda-beda. Kapasitas mengingat gue yang seuprit ini bikin gue terpaksa bolak-balik ke halaman sebelumnya untuk tetep "nyambung" sama jalan cerita. Karena sering kali gue lupa, si A ini tadi siapa, si B ini tadi hidupnya gimana, si C ini siapanya si D, dll, dsb :D

Kalo Dimsum Terakhir menceritakan empat sisi kehidupan yang satu sama lain saling berkaitan, the (un) reality show menceritakan delapan kehidupan tokoh yang awalnya nggak ada kaitan sama sekali, bahkan nggak saling kenal satu sama lain, tapi endingnya mengejutkan dan ternyata mereka itu punya hubungan satu sama lain.

Beberapa halaman menuju ending, gue mulai kebingungan dan pusing. Berusaha menyambungkan cerita yang satu dengan yang lain. Berfikir keras. Berusaha mencerna satu per satu. Daaan pas sampe di ending, gue kaget. Lah ternyataaaaaa.... Dan yang ngegemesin adalah fakta baru diungkap di lembar-lembar terakhir. Bikin gemes kenapa udah kelar ajah gitu, padahal kan masih pengen baca. Errrrr....

Apa yang tersaji di ending bener-bener nggak ada dalam bayangan gue sepanjang gue baca cerita. Ini kan ceritanya tentang delapan orang yang nggak saling kenal, dipilih secara acak, untuk hidup dalam satu rumah dan yah kayak reality show Penghuni Terakhir di ANTV itu loh... Nah bayangan gue ya standar, di ending bakal ada satu pemenang. Udah. Gitu doang. Eh tapi ternyataaaaaa... Lo mending baca sendiri, deh yaaaa :))

Eh Tapi... Typo dalem buku ini kok bertebaran dimana-mama ya :( gue sih biasanya jarang ngeh sama typo. Tapi pas baca buku ini, typo-nya itu keliatan jelas banget. Nggak ganggu sih, tapi nggak enak aja bacanya. Apalagi buku mbak Clara yang sebelumnya gue baca juga typo-nya banyak gini. Mungkin next time peng-editannya bisa lebih teliti lagi :)

Selebihnya... The (un) Reality Show amat sangat layak untuk dimasukkan dalam wish list buku lo selanjutnya. Wajib beli dan baca. Apalagi untuk lo yang suka bacaan dengan ending mengejutkan :)
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari