27 Juli 2012

Nguping Jakarta

Judul : Nguping Jakarta
Penulis : Kuping Kanan - Kuping Kiri (ngupingjakarta.blogspot.com)
Penerbit : B-first

***

Kapan hari itu gue pernah dibikin melongo parah di toko kosmetik langganan gue akibat ulah si mbak SPG yang astaganaga... ceritanya waktu itu gue lagi mau beli sesuatu, si SPG ini yang melayani gue, maka terjadilah percakapan absurd antara gue dan si mbak seperti dibawah ini :

Gue : Mbak, black henna nya satu bungkus, ya...
SPG : Oke. Black Henna nya yang warna item?
Gue : *bingung* yaiyalah item, kan tadi saya udah bilang BLACK HENNA..
SPG : Ya kali aja kan mbak Black Henna nya warna cokelat atau merah gituh...
Gue : *melongo*

Barang yang gue cari itu namanya Henna. Semacam pacar arab itu loh. Tau kan? Begitu gue sebut Black Henna.. Ya artinya gue mau Henna yang warna item kan? Kalo gue mau yang cokelat atau merah, jelas gue bakal bilang Brown Henna atau Red Henna kan? Zzzzz....

Kejadian saat itu bikin gue mengelus dada dan banyak-banyak bersyukur. Alhamdulillah ya Allah dikasih kesempatan mengenyam pendidikan yang cukup dan layak sampe gue nggak harus nyebut "Mbak, beli Black Henna yang warna item-nya satu, ya..." :))) Alhamdulillah masih bisa maklum dan nggak ada niatan nyakar-nyakar muka Si SPG. Hhaha. Ya cukup tau lah, mungkin doktrin dalem otak dia benda yang gue cari itu namanya Black Henna, bukan Henna. Mungkin karena kebanyakan orang emang beli warna item ketimbang warna lain. Sama halnya kayak kita menamakan Aqua untuk setiap jenis air mineral :)))

Tapi kemudian, saat gue membaca Nguping Jakarta... Gue dibikin shock sama kenyataan bahwa ternyata ada banyak orang yang kelakuannya kayak gitu. Antara geli pengen ketawa dan sebel pengen marah juga yah kalo dihadapkan pada situasi begitu. Ya masa ada yang nanya Blue Jeans itu Jeans warna apa? :))))

Nguping Jakarta nggak cuma menyajikan obrolan-obrolan absurd seperti yang sudah gue ceritakan di awal tadi. Ada juga cerita tentang mereka yang salah nyebut nama sesuatu. Google menjadi Grogol misalnya, atau Vegetarian menjadi Vegetable misalnya. Kemudian ada juga lelucon konyol yang bikin gue nggak berenti tersenyum geli pas baca. Iya, dari awal sampe selesai :)))

Bukan plesetan-plesetan kata yang disengaja kayak comedy biasanya makanya kita tertawa. Nguping Jakarta menyajikan sisi lain, plesetan-plesetan yang nggak disengaja dan lucunya parah!

Cocok dibaca sambil santai, buat refreshing ngilangin penat. Saran gue, jangan baca ditempat rame deh, malu ntar senyum-senyum atau bahkan ketawa sendiri gegara baca buku ini. Ntar dikira orang gila loooh! X)))

Psstt.. Gue jadi inget, kalo dulu gue pernah salah nyebut Grafiti jadi Geografi. Tanpa sadar. Dan semua yang denger ngakak! :))
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari