19 Juli 2012

The Coffe Shop Chronicles

Judul : The Coffe Shop Chronicles
Penulis : Aditia Yudis, Wangi Mutiara, Yuska Vonita, dkk
Penerbit : by pass

***

Akhirnya... Setelah sekian lama sabar menanti kiriman buku dari sahabat baik gue @firah_39, beberapa hari yang lalu megang juga nih buku ini... Yang main twitter dan follow gank penulis mesti tau banget kan kehebohan buku yang supaya lebih gampang nyebutnya disingkat jadi TCSC ini :)

33 kisah. 22 Penulis. 1 Benang Merah.

Yep. Ini buku keroyokan para penulis keren. Bermula dari surat iseng firah buat Tuan Arsitek-nya adit. Eh malah jadi banyak yang nimbrung dan malah jadi buku. Kata firah, proyek iseng. Tapi siapa sangka malah diterbitin penerbit major? :)

Sirik? Gue? Jelas. Sebagian besar penulis yang bergabung didalam ini adalah temen-temen gue. Gue juga tau dan sadar kok pas mereka saling berbalas FF di linimasa. Lantas kenapa gue yang biasanya paling doyan ikutan nulis tapi kali ini nggak ikutan? Jawabannya simpel. Skripsi. Banget. Pas ituh gue lagi repot-repotnya banget skripsian. Ngelirik linimasa sih tetep. Tapi nulis yang jarang. Hehe. Dan ini kenapa jadi curcol??

33 kisah didalam TCSC ini berlatar sama. Priya's Coffe. Tokohnya aja yang berbeda-beda. Masing-masing penulis semacam punya satu tokoh sendiri yang satu sama lain saling berhubungan. Ini istrinya si itu. Yang itu mantan pacarnya yang ini. Yang ini penggemarnya si itu. Dan begitulah. Semuanya memiliki keterkaitan.

Mengagumkan adalah... bagaimana mereka bisa saling menyambungkan cerita hingga menjadi satu kesatuan yang kalo dibaca bikin pembaca jadi berdecak kagum. Bayangin... si A nulis cerita, selesai. terus si B bikin sambungannya, dengan tokoh baru tapi masih nyambung sama cerita sebelumnya. Entah itu segelas kopi, secarik kertas, atau apalah yang menjadi keyword dan penghubung antara cerita yang satu dengan cerita lainnya. Dan itu tanpa janjian! Spontanitas aja. Jadi si A nggak tau si B bakal bawa kemana cerita bikinannya. Kemudian setelah si B selesai, nanti si A balik ngelanjutin lagi. Jadi semacam ada tantangan gitu buat masing-masing penulis, melanjutkan cerita yang udah ada dengan imajinasi mereka sendiri tapi tetep nggak keluar dari konteks ide.

Hebat ya? Tanpa janjian. Tanpa sinopsis awal. Spontanitas. Hasilnya nyambung dan keren abis gini :) Tiap cerita bikin gue jadi menebak-nebak, eh abis ini bakal gimana ya.. atau abis ini bakal kenapa, ya? Hhaha...

Cerita favorite gue adalah tulisannya si @adit_adit. Tentang Tuan Arsitek dan Nyonya Pengarang. Entah kenapa, merasa paaaas banget sama kisah mereka. Ada beberapa kalimat yang jleb dan ngena banget. Kemudian karakter Carissa-nya si @iiphche jugah. Bikin gemes. Hahaha. Lagi-lagi merasa pas sama ceritanya. Kebawa perasaan dan memposisikan diri sebagai Nyonya Pengarang :D

Tulisan lainnya? Punya @hildabika dan @wangims. Dua penulis manis asal surabaya yang selalu saya kagumi tulisannya. Manis-manis, sama seperti penulisnya :)

So... buku ini pas banget buat bacaan sore. Jangan lupa siapkan camilan dan segelas kopi favorite-mu, ya!!
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari