13 Mei 2012

Note to Self

Nyari-nyari kesalahan atau kejelekan orang lain itu emang enak dan gampang banget, yaaaa.... Tanpa menyadari kalo sebenernya mungkin aja kita pribadi juga begitu. Misal… Kita dengan gampangnya bilang seseorang itu nggak konsisten, padahal sebenernya kita sendiri juga ternyata nggak konsisten. Atau kita dengan gampangnya bilang seseorang itu lebai, norak, sksd, dan sebagainya… tanpa pernah kita sadari kalo kejelekan-kejelekan orang itu juga adalah kejelekan-kejelekan kita.

Emang… Hal begini sudah lumrah dalam kehidupan bermasyarakat. Sampe ada peribahasanya kan? Semut di seberang lautan nampak, tapi gajah di pelupuk mata nggak nampak. Tanpa perlu gue jelaskan disini, kalian pasti udah ngerti lah ya makna peribahasa ini. Udah gede ini… :p

Pacar gue selalu mengingatkan ke gue untuk nggak pernah membicarakan kejelekan atau kesalahan orang lain. Karena kita nggak pernah tau, kalo ternyata kita juga begitu. Gue sok-sokan bilangin orang ganjen. lebai, norak, dsb… Emang gue yakin, gue nggak?? Si pacar selalu bilang, ngejelek-jelekin orang lain itu nggak baik. Kelak Allah bakal membalasnya dengan sesuatu yang lebih kejam ke kita. Lagian, kalo kita ngejelek-jelekin orang lain, segala kebaikan yang mestinya jadi milik kita bakalan dilimpahkan Allah ke orang yang kita jelek-jelekkan itu…

Hal lain yang selalu pacar tekankan ke gue adalah… Nggak usah mengumbar cerita buruk tentang orang lain… Apalagi kalo cerita itu didapetin dari orang lain pula. Masih berkaitan sama pesan pacar sebelumnya sih. Tapi yang ini lebih detail. Bingung? Jadi gini… Menurut pacar gue, nggak usah sibuk berkoar-koar kesana-kemari tentang seberapa banyak orang yang nggak suka sama si A. Udah kayak infotainment aja. Cari informasi sana-sini tentang si A dari banyak pihak, mancing pertanyaan sana-sini, dan pada akhirnya bikin "omongan" yang bersifat menyerang si A ini. Pacar mencontohkan Cut Tari ke gue. Cut Tari dengan mulut tajemnya yang biasanya bergossip tentang orang lain, pada akhirnya dia yang jadi bahan gossipan banyak orang. Bahkan dengan kasus yang lebih parah. See? Balesan Allah memang selalu kejam, kan? :)

Pacar bilang ke gue, “kita nggak pernah tau seberapa banyak orang yang ternyata nggak suka sama kita. Bisa aja kan orang-orang yang bilang ke kita nggak suka sama si A dan cerita jelek-jelek tentang si A, juga sebenernya nggak suka sama kita dan ngejelek-jelekin kita ke orang lain lagi”. Ah, well. Waktu pacar bilang gini, gue cuma senyum aja. Kata pacar, kalo ada orang yang sibuk berbisik jelek tentang kita, biarin aja. Nggak rugi di kita kok. Malah itu ladang amal buat kita. Istilahnya nih, kita memperoleh amal tanpa harus melakukan apa-apa. Hihi.

Jadi inti tulisan gue ini adalah… nggak ada manusia yang sempurna… semua pasti ada kejelekan dan kesalahan. Kalo kita tau kejelekan dan kesalahan orang itu, akan lebih baik kalo kita ngomong langsung ke orang itu, bukan dengan mengumbar kesana-kemari. Kalo pun emang nggak pengen ngomong, yaudah diem aja. Nggak usah ngajak-ngajak orang lain buat "tau" kejelekan itu. Gue lupa ayat berapa dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa sesama muslim harus menutupi aib muslim lainnya. Kalo dengan mengumbar-umbar kejelekan orang lain, udah nambah dosa, bikin Allah nggak suka, dan merugikan diri sendiri karena segala kebaikan yang mestinya jadi milik diri kita dialihkan ke orang yang dijelek-jelekin itu. Hiiiii. Lo mau? Gue sih Ogah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari