22 Mei 2012

7 Tips Lancar Skripsian Ala Dhea

Kemaren-kemaren janji mau bikin postingan seputar tips mengerjakan skripsi. Tapi baru sempet sekarang. Hihi. Pas udah yudisium dan udah sah jadi Sarjana Ekonomi :D

Alhamdulillaaaaah bangeeettt skripsi udah kelar. Semester-semester awal dulu, tiap ke perpus, gue selalu terpesona ngeliatin skripsi-skripsi yang ada disana. Terpesona dan ketakutan. Takut nggak bisa bikin satu yang kayak gitu. Hahaha. Tapi Alhamdulillaaaah diberikan Allah banyaaak sekali kemudahan selama proses skripsian lewat tangan-tangan dosen pembimbing, dosen penguji, staf dosen fakultas ekonomi, orang-orang di kantor pajak, orang tua, bahkan pacar.

Selama nyaris 5 bulan berkutat dengan skripsi. Bersyukur banget akhirnya selesai. Nggak mudah emang, berkali-kali diuji ketahanannya, tapi akhirnya selesai juga.

Eniwei. Don't take this tips seriously, yak! gue mau bagi-bagi tips gila kok. Nyahahaha. Tapi itulah yang bikin proses skripsian gue lancar. Here they are :

1. Pilihlah judul yang gampang dari materi yang lo kuasai.
Ngerti dong maksudnya?? Selama kuliah, mata kuliah apa yang paling lo kuasai. Kalo gue, perpajakan. Dari matakuliah itu, carilah permasalahan yang paling simpel. Nggak usah sok-sokan cari "masalah" baru kalo lo nggak pengen dibikin pusing pas skripsian. Apalagi pajak. Ada beberapa, errr, banyak data yang nggak bisa diambil. Jadi perhatikan baik-baik masalah yang mau lo ambil, pikirkan apakah datanya bisa didapat dengan mudah meski tanpa bantuan "orang dalem". Tips gue sih, baca-baca skripsi yang udah ada, pilih salah satu yang "lo banget", modifikasi dikit dari judul itu :D Iya siih kesannya nggak bikin kemajuan banget, masa meneliti yang itu-itu aja. Tapi daripada lo susah pas skripsian gegara ambil "masalah" yang baru, dan proses skripsian lo jadi panjang dan lama dan susah. Mending ambil amannya aja. Kayak yang gue bilang ini x))

2. Jangan males bimbingan.
Ketemu dosen tuh emang salah satu kegiatan yang nyeremin. Apalagi kalo sendirian. Malesin. Iya kalo pas kita dateng, dosennya langsung ada. Kalo mesti nunggu? Rame-rame sih enak bisa ngerumpi. Kalo sendirian? Duuuh. Tapi.. rame-rame pun sendirian, lo tetep harus bimbingan. Kalo gue, bikin target, setiap minggu mininal ada satu kali gue bimbingan. Kalo temen-temen gue yang dospemnya sama ama gue belum mau bimbingan, ya gue bimbingan sendiri. Gue rutin bimbingan, tiap minggu mesti ada mininal sekali. Sampe dospem gue bilang "dhea jangan rajin banget dong bimbingannya, nanti kamu cepet selesai". Loh? Bhahahaha.

3. Abis pulang bimbingan, langsung kerjain revisian.
Jangan menunda-nunda. Kalo bisa langsung dikerjain, kenapa mesti nunggu besok. Hayooo... kalo abis bimbingan, pikiran masih fresh. Apa-apa yang salah dan mesti diperbaikin itu masih jelas banget. Coba kalo besok-besoknya? Mesti udah lupa. Atau inget, tapi nggak semuanya. Alhasil revisi seingetnya, pas bimbingan dikemudian hari, yang bimbingan sebelumnya salah belum kerevisi karena lupa, bimbingan sekali ini masuk daftar revisian lagi deh. Begitu seterusnya. Kapan kelar coba? --" Lagian, lebih cepat revisian selesai, lebih cepat bisa bimbingan lagi kan?

4. Cari kakak tingkat yang bahasan skripsinya mirip sama lo.
Ini gunanya banyak banget. Selain bisa minta skripsi dia buat bahan referensi skripsi lo, lo juga bisa nanya-nanya banyak hal sama dia. Kalo pusing dan nggak ngerti sesuatu, kan bisa minta ajarin. :)

5. Kalo terjadi bentrok kepentingan antar dospem, ikuti mana yang paling sesuai sama kemampuan lo.
Dospem kan ada dua, dan nggak jarang kedua dospem ini bentrok kepentingan. Yang satu pengennya begini, yang lain pengennya begitu. Dan ini bikin ribet. Lo bakal bingung mau ikut yang mana. Jangan bingung, solusinya gampang (udah kayak jualan obat). Lo ikuti salah satu aja, misal lo ikuti dospem A. Nah sama dospem B, agak kasih jeda dulu bimbingannya. Seminggu ngilang dulu gituh. Nanti begitu lo bimbingan lagi, dospem B ini pasti udah lupa sama apa yang dia mau kemaren. Akhirnya dia ngiyain aja apa yang udah lo kerjain, ya paling dibenerin dikit-dikit. Been there, done that. Nyahahaha. Aib gue banget ini x)) tapi tips ini nggak berlaku kalo dospem lo mencatat dengan detail apa yang mesti di revisi pada lembar konsultasi yak. Dospem gue sih nggak pernah nulis detail di lembar konsultasi soalnya :D

6. Kalo bimbingan dan dospem lo nanya sesuatu, jawab dengan tegas.
Sekalipun lo agak ragu sama jawaban lo, tetep jawab dengan tegas. Nada tegas akan menghilangkan keinginan dospem untuk interogasi lebih lanjut. Kalo lo jawabnya nggak yakin, gugup, apalagi sampe nggak jawab, bakal jadi makanan dospem lo. Been there, done that! Again! Hahahaha. Dospem lo bakal semangat nanya-nanya ini itu dan semakin bikin lo gugup, dan pusing. Haha. Belajar dari kebegoan gue itu, besok-besoknya kalo ditanya pas lagi bimbingan, gue (meski nggak yakin) jawabnya PD aja gituh. Bodo amat jawabannya mau bener apa salah. Pokoknya ngejawab dulu :p

7. Kekuatan pikiran.
Sugesti diri kalo apa yang sedang lo lakukan itu bukan sesuatu yang berat. Nyokap selalu bilang ke gue, kita adalah apa yang kita pikirkan. Jadi kalo lo mikir skripsi itu susah, ya selamanya bakal terasa susah. Nikmatin aja, anggep aja lagi ngerjain tugas biasa, bukan lagi skripsian :D

Yak.. Rasanya sih itu aja. Gue skripsian sekitar 5 bulan, dari awal masukin proposal sampe akhirnya dapet acc buat ujian komprehensif. Itupun gegara sebulan full nggak bisa gerak karena nunggu data keluar (I hate those birocration, by the way..), sebulan nunggu jadwal ujian proposal, sebulan nunggu dospem satu bisa ditemui, dan dua minggu lebih nggak ketemu dospem 2 karena bentrok kepentingan. Nyahahaha.

Skripsian adalah momen paling keren selama masa kuliah gue. Nggak ada mata kuliah lagi. Ngampus kapan pengen. and when it wasover, gue kok merindukan masa-masa bimbingan skripsi gue kemaren yaaaa :D

Buat kalian yang sedang terjebak dalam skripsi. Semangat, ya. Yakinlah, pasti berakhir! :)
Published with Blogger-droid v1.7.4

2 komentar:

  1. cocok banget artikelnya, bisa jadi referensi buat saya yang ga kelar-kelar,, keren insya allah ane jalanin....

    BalasHapus
  2. Hai, makasih udah mampir ya. Semangat skripsiannya :) semoga tips-nya membantu hehehehe

    BalasHapus

Blog Design ByWulansari