12 Mei 2012

Jodoh Monica

Judul : Jodoh Monica
Penulis : Alberthiene Endah
Penerbit : Gramedia

Lagi menghindari bacaan teenlit akhirnya kemaren pas ke gramed pilihan jatuh pada membeli buku mbak AE yang Jodoh Monica ini. Kesan pertama setelah selesai baca, fiuh, lega. Endingnya sama kayak apa yang gue pikirkan di awal. Tapi jalan cerita yang menggiring ke ending ini rasanya kayak nano-nano. Campur aduk. Antara gemes, lega, sebel, dan terharu. So sweet. Tapi sayang part sweet di endingnya dikit pisan. Mungkin emang ini cara mbak AE memainkan emosi pembacanya ya :D

Alur ceritanya? Hm. Lumayan. Tapi entah kenapa, buat gue, ada beberapa part yang membosankan. Penjelasan yang terlalu bertele-tele bikin gue men-skip begitu saja beberapa adegan yang diceritakan didalam buku ini. Bahkan rasanya ada beberapa adegan yang digambarkan terlalu detail hingga terkesan membosankan. Menurut gue loh, yaaaa... Misalnya nih... waktu meeting antara Bellezie dan Snakokids. Digambarkan dengan terlalu detail sampe gue berasa ada dalam ruangan rapat dan sedang terkantuk-kantuk disana.

Sementara pada beberapa adegan yang gue harap di-explore lebih banyak, malah cuma diceritain sekali lewat sampe-sampe gue nggak berasa dapet feelnya. Gregetan!! Contohnya adalah adegan ranjang Monica dan Mike. #eh #soundswrong x)) Serius yaaa hahahah contohnya adalah kejadian manis di ending. Ahhhh padahal ngarepnya dibahas lebih lanjut biar kerasaa gitu feelnya :D

Setelah membaca buku ini, tiba-tiba gue nggak pengen jadi wanita karier yang sukses. Mauuuu, tapi nggak saat gue masih melajang. Khawatir nantinya malah bikin cowok-cowok segan mendekati gue. Dan emang udah banyak juga sih kejadian di dunia nyata yang gue liat sendiri, temen sekelas gue di SMA salah satunya. Doi cantik banget dengan segudang prestasi, tapi nggak punya pacar. Bukan nggak ada yang suka, tapi cowok-cowok segan deketin dia. Meminjam istilah di novel mbak AE ini.. too good to be true.. Cuma bisa dikhayalkan doang. Dan gue ogah jadi cewek yang begini. Mending jadi cewek yang biasa-biasa aja, deh :D

Tapi.. mendadak gue kepikiran.. kenapa perawan tua begitu dipermasalahkan, sedangkan, errr kalo cowok istilahnya apa?? Kenapa cewek-cewek selalu didesak dengan pertanyaan "kapan menikah?" Sementara cowok-cowok nggak? Kenapa yang di expose cuma masalah cewek dan ketakutannya menjadi perawan tua? Hmm...

Balik lagi ke novel Jodoh Monica mbak AE ini... Kadang kita nggak pernah menyangka kalo seseorang yang akan menjadi jodoh kita adalah orang yang sebenernya begitu dekat dengan kita. Kita sibuk cari kesana-kemari, eh ternyata udah dari kapan tahun ada didekat kita.

Kalo gue sih... dan ini udah sering banget gue bilang ke bebii.. Lebih memilih jadi Ibu Rumah Tangga yang punya banyak waktu buat ngurus anak-suami. Hahaha. Cetek banget yaak cita-citanya. Nggak sayang ijazah lo, Dhe? Ahh. Masing-masing orang berhak menentukan mana yang mereka rasa baik buat diri mereka masing-masing kan? Termasuk lah gue :)

Ada yang udah baca Jodoh Monica?? How's your comment? :)
Published with Blogger-droid v1.7.4

4 komentar:

  1. Hahaha, iya aku udah baca tu De :D bacanya pas SMA, pas mau UAN jadi tambah semangat belajar biar bisa kayak Monica :D ngeliat Monica yang powerful di mata orang-orang di sekitarnya malah pengen jadi kayak gitu X))
    emang sih Monica kayanya kesepian, tapi pas liat karena kesepiannya itu dia dimanfaatin si Mike yang "too good to be true" gitu jadi mikir juga kalau cinta itu enggak cukup pake hati aja. pikiran juga harus ikutan.
    but in the end, dia jadian sama Arya yang nerima dia apa adanya :D
    ah well, yang bisa aku petik dari buku itu kita enggak usah terlalu stress banget masalah jodoh atau rezeki itu kalau kitanya udah berusaha, selanjutnya terserah YME.
    Kalau aku sendiri sampe saat ini pengennya jadi penulis dan dokter spesialis forensik atau jiwa. sama kayak kamu ada juga yang nanya 'ga salah spesialis forensik atau jiwa?urusan sama kasus2 mati atau orang2 stress?' ah well, so far aku sukanya ini *hihihi* hayu kita semangat ngejer mimpi kita! ^.^

    BalasHapus
  2. Aku juga pingin kok jadi karier woman yang sukses. Tp kelak, kalo memang harus, maka aku akan lebih memilih jadi ibu rumah tangga saja. Hm mungkin sambil jadi penulis :) iyaaaa. Harus semangt mengejar mimpi! :)

    BalasHapus
  3. Kalo yang edisi pertama, covernya bukan yg kayak gitu mb..tapi scra umum memang keren banget isinya
    o iya mb, aq baru buka toko buku, liat2 ya di @tbkutubuku atau di fb aq :)

    BalasHapus
  4. Hehe iya aku beli yang edisi baru covernya :)
    Sip. Nanti mampir-mampir deh :)

    BalasHapus

Blog Design ByWulansari