11 Mei 2012

Mamah. Cerita Hari Ini.

Sudah beberapa minggu ini tukang sampah kostan nggak ngambil sampah kayak biasanya. Mungkin bulan kemaren kostan nggak bayar. Atau malah udah beberapa bulan nggak bayar. Entahlah. Gue nggak tau jelasnya kenapa, kan gue udah jarang dikostan sejak skripsian. Tapi yang pasti dua minggu yang lalu, pas nganter adek kekostan karena doi mau bimbel, gue shock liat pojokan masuk kostan udah penuh sampah. Penuh bangeeeet. Udah kayak gunungan sampah di TPA. Kebayang nggak sih looo??

Dan tiap kali pulang kerumah juga gue merengek ke mamah masalah sampah ini. Manja banget sebenernya. Sudah duapuluhsatu tahun, ada apa-apa tetep aja gitu merengek ke mamah. Mestinya bisa lah ya gue cari solusi sendiri gitu. Sebenernya sih udah niat, masukin sampah-sampah itu ke kantong plastik terus bawa ke depan jalan.. kan ada tempat sampah gede disana, yang tiap hari ada truk sampah yang ngambil. Tapi booook, masa iya sendirian? Dengan sampah yang segunung itu. Kapan selesainya.... Jadilah mamah bilang, nanti mamah kekostan dan mamah bantuin beresin sampahnya.

Jangankan mamah. Bebii juga kalo tau, pasti langsung kesini dan bantuin beresin. Bodo amat anak kostan lain nggak peduli. Karena kalo dibiarin, bakal tambah menggunung. Kalo nggak ada yang gerak, nggak akan beres sampah-sampah itu. Udah tau banget. Kebiasaan kan? Tapi gue nggak bilang apa-apa ke bebii masalah sampah ini. Takut bikin dia kepikiran.

Dan, here my mom. Hari ini beliau datang kekostan gue, dari Prabumulih sana. Begitu sampe, istirahat sebentar, abis itu langsung bilang "yok mbak, mamah bantuin beresin sampah yok..". Dan waktu mamah bilang gitu, jam udah menunjukkan pukul enam sore.

Kita langsung siap-siap. Nyiapin plastik gede dan beberapa karung plastik. Trus langsung mulai mungut-mungut sampah dan masukin kedalam plastik-plastik gede. Booook, bayangkan, seorang gue... adyta dhea purbaya... yang gampang jijik.. yang nggak betah liat tempat kotor... malah berjibaku dengan sampah-sampah. Gileeeee. Gue berasa ikut reality show "Jika Aku Menjadi". It's so not me. Bahkan adek gue sampe bilang "mbak ta mau difoto?". Saking langkanya kegiatan gue itu. Dan, yang mengagetkan mamah adalah, gue nggak protes. Ikut beresin sampah tanpa pake penutup idung. Padahal baunya boook naudzubillah. Gue juga nggak tau kenapa gue mau-maunya.

Mungkin karena gue sadar, kalo dibiarkan, akan tambah parah. Dan gue nggak mau jadi sakit cuma gegara ini doang. Duh sayang banget gue nggak punya foto before dan afternya pojokan masuk kostan gue itu. Nggak kepikiran buat moto sih. Tiap liat pojokan ituh, bawaannya mengernyit jijik mulu --"

Dan, you know what, cowok-cowok ganteng dikostan gue itu... nggak ada yang tergerak hatinya buat ikut bantuin. Kecuali si adek cowok dikamar ujung. Entah karena dia emang niat bantu atau karena tumpukan sampah itu tepat didepan kamar dia jadi dia nggak enakan liat gue dan mamah beres-beres gituh. Si adek ikut mungutin sampah dan dia lah yang bolak-balik buang sampah dari kostan ke tempat sampah didepan jalan. Sementara cowok-cowok yang lain? Ada sih yang bantu, tapi cuma benter. Karena mo nganter ceweknya pulang. Atau yang sebelah kamar gue, bantu buang doang karena doi mau kuliah. Oke gue maklumin. Yang lain? Heuuuuuu....

Mamah sampe bilang.. Kalo mamah nyari calon mantu, nggak akan mama milih mereka-mereka ini. Nggak bisa diandalkan, gimana mau jagain anak gadis mama. Duuuuh :') Mamah nggak usah repot milih lagi, mah... Kan udah ada kakak yang bisa jagain mbak :)

Mamah gue emang wonder woman. Beliau takut anak gadisnya ini sakit atau kenapa-kenapa gegara tumpukan sampah itu. Gue tau setiap orang tua memang bakal begitu. Tapi kalo dateng kekostan anak gadisnya rutin tiap sebulan sekali cuma buat beresin kamar kostan... ada?? Atau yg dateng kekostan anak gadisnya cuma mau bantuin beresin sampah... ada?? Padahal kan bisa dikerjain gotong royong bareng anak kostan lain. Tapi ah sudahlah...

Sekarang pojokan masuk kostan udah bersih. Udah nggak bau lagi. Udah nggak laleran lagi. Udah kinclong. Alhamdulillah. Efeknya, badan gue sakit-sakit semua. Kaki pegel banget sampe susah digerakin. Dan tangan masih aja bau meski udah gue sikatin dan sabunin berulang-ulang. Apa perasaan gue aja ya. Haha. Entahlah. Yang jelas udah lega. Udah enakan liat pojokan kostannya. Fiuh... Dan abis itu, gue marah-marah dengan khas nya gue. Bilang kalo mulai besok nggak ada yang boleh buang sampah disitu lagi. Kalo mau buang sampah, buang sendiri-sendiri ke tempat sampah depan jalan.

Selain fakta gue udah punya pacar, pasti ini lah salah satu alasan kenapa mereka nggak berani ngegodain gue. Takut gue marahin. Gue kan udah kayak ibu kostan. Nyahahahaha. Secaraaa cewek sendirian di lingkungan kostan. Eh.. kamar depan cewek juga sih, tapi jarang keluar...

Sekarang, dipojokan yang tadinya tempat sampah, udah ditempelin tulisan "dilarang buang sampah disini. Buang sendiri-sendiri aja langsung". Well, let see, apakah tulisan itu dipatuhin sama anak-anak kostan. Secara Indonesia. If you know what I mean

Tengkyu so much mommy, sayang. I love you :*
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari