8 Januari 2013

Me.Mo.Rit.Mo

mungkin memang itulah yang dilakukan lagu-lagu tertentu terhadap setiap orang, memunculkan kenangan, dan yang lebih hebat lagi, menciptakan sebuah koneksi

Judul : Memoritmo
Penulis : Vabyo, dkk.
Penerbit : Bukune, 2012



Ada cerita dalam setiap nada. Begitu tagline dari kumpulan tulisan tentang lagu ini. Awalnya gue sama sekali gak tau buku apa ini. Baru terbit. Promo belum gencar. Tapi vabyo udah nulis di bio twitternya. Sebagai penggemar tulisan Vabyo, jadilah gue mencari buku ini. Dan sampe akhirnya gue menyelesaikan membaca pun gue masih nggak ngerti, ini buku apa?

Awalnya gue ngira kumpulan cerita pendek, seperti antologi Vabyo sebelumnya. Tapi ternyata, ini lebih ke tulisan curhat para penulisnya tentang sebuah lagu yang cukup bermakna bagi hidup mereka. Entah apalah ya nyebut jenis tulisannya ini :p

Well. Gue tidak bisa menikmati membaca buku ini. Entah kenapa. Tapi bagi gue isinya sama sekali nggak menarik. Mungkin karena didalamnya hanya sekedar cerita sepotong-sepotong kenapa sebuah lagu itu berarti untuk penulisnya. Padahal ekspektasi gue, didalamnya ada beberapa cerita pendek yang terinspirasi dari lagu. Yah atau sejenisnyalah...



Tapi gue suka tulisannya Maradilla Syachridar. Dan juga tulisanny Vabyo. Yang meski menceritakan seberapa lagu bermakna buat mereka, tapi dengan tulisan yang tetep enak dibaca. Bukan berarti tulisan lain nggak enak dibaca. Hanya saja, yang lain terlalu biasa. Sementara tulisan Maradilla dan Vabyo ini tidak biasa ;)

Mungkin memang itulah yang akan dilakukan sebuah lagu pada kita. Membangkitkan memori. Semacam mesin waktu yang kemudian membawa kita kembali pada suatu masa.

Kalo gue ditanya, lagu apa yang berarti banget buat gue. Maka gue akan menghabiskan berjam-jam untuk berfikir, dan mungkin masih nggak akan nemu. Ada banyak lagu dengan kenangan yang berbeda-beda. Tapi kalau lagu yang setiap diputar maka akan membawa gue ke suatu masa, maka STKT-Kertas lah jawabannya. Lagu yang sampe detik ini nggak pernah berani gue puter karena rasa sakit begitu jamak didalamny :')

Lalu. Lagu apa yang berarti banget buat kalian?



posted from Bloggeroid

4 komentar:

  1. Bukunya unyu banget, bentuk kaset gitu. Aku baca sinopsisnyadi kutukutubuku.
    Lagu yang meaningful banyak banget, Dhe. Satu yang lagi diinget sekarang itu "Memory"nya Barbra Streisand #jadul

    Nice post, Dhe. Keep it up ^^

    BalasHapus
  2. Iya. Covernya lucu. Ada bolongan ditengah. Beneran kayak kaset :D

    Makasih, mbaak. Semoga tahun ini bisa baca lebih banyak buku ;)

    BalasHapus
  3. Dhe jadi ada ide bikin kumcer rame2 judulnya 'Soundtrack', kumpulan lagu-lagu yang berarti buat kita, terus dibikin fiksi gitu... hihihi, bisa based on true story juga XD nanti ajak temen-temen kamu yang suka nulis di blog, khususnya roman buat nyumbang 1, 2 atau 3 cerpen juga boleh. Mau gak? *Cengengesan* terus kita coba ke penerbit major gitu. Siapa tau bisa kayak 'Cerita Sahabat'-nya Alberthine Endah atau 'Rasa Cinta'.

    Kalau lagu yang berkesan buat aku, saat ini adalah 'Dia' sama 'Jaga Hatiku'-nya Sammy Simorangkir ... karena selalu membuat aku tersenyum setiap kali inget sosok yang aku kagumi di rumah sakit tempat aku kerja sekarang *nyiahahaha*

    BalasHapus
  4. Boleh, steph. Weekend dibahas di whatsapp aja yak. Weekdays lagi padet. Managernya lg rese jadi sering lembur sampe malem -____-; ntar kita bahas detail deh hehehe

    BalasHapus

Blog Design ByWulansari