26 Juli 2018

[Parenting Sharing] Tabungan Anak

"Penting gak sih bikin tabungan buat anak?"

Pada suatu hari yang mami lupa kapan tepatnya, gak sengaja mami baca kalimat ini di postingan instagram @ayudhyaghyta.. Postingan yang kemudian menggerakkan hati mami untuk baca sampe selesai dan berakhir dengan googling tentang produk-produk perbankan untuk anak.

Seperti yang Amma Fio bilang pada postingannya bahwa bentuk menabung untuk anak ada banyak macamnya. Nabung emas, asuransi, deposito, dll... Dan sebelum memutuskan bikin tabungan anak ini pun mami udah searching berbagai macam investasi masa depan untuk anak. Kebetulan, mami sudah ikut asuransi. Lalu beberapa kali beli LM kalo dapet duit lebih tak terduga (tapi belinya yang ukuran kecil kecil ya yang 1 graman gitu hehe). Nah kali ini mami pengen buka tabungan yang khusus buat Kalandra.

Karena kebetulan lebaran pertamanya Kalandra ini, Kalandra dapet THR yang lumayan. Terus juga ada kado uang dari kantor mami (karena om tante dikantor mami bingung kali ya mo beliin kalandra apa jadi dikadoin uang hahaha). Dan ada uang yang dikasih sama Opa tiap Opa mau berangkat kerja. Jadinya uang kalandra banyak, dan kalo di Mami nanti kepake abis-abis gitu aja ye kaaaan. Hahahahah.

Niat awal mau mami masukin semacam celengan gitu, tapi setelah baca postingan amma fio jadi kepikiran bikin tabungan aja buat kalandra. Sekalian biar aman disimpen gak diambil-ambilin pas mami bokek, oh sekalian biar ada bunganya sih (dah, jangan bahas riba disini ya gaesss.. hehehe).

Kenapa pilih BNI taplus anak? Apa karena amma fio juga buka rekening itu?

Ada beberapa alasan tapi bukan karena amma fio. Amma fio mah sebatas inspirasi bikin tabungannya aja. Kalo pilihan bank-nya murni keputusan mami kalandra setelah perjalanan searching dan bandingin ini itu satu bank dan lainnya yang begitu panjang.

Jadi apa aja alesannya kenapa memilih BNI taplus anak?

1. Karena mami punya rekening BNI dari awal pertama punya rekening sampe sekarang, dan merasa nyaman bertransaksi disana. Jadi gampang kan kalo mo masukin duit ke rekening kalandra tinggal transfer via m-banking.

2. Bank-nya banyak, ada dimana-mana dan gampang ditemuin.

3. Karena ada ATM setor tunainya (in case mami males nabung lewat teller dan rekening BNI mami lagi ga ada duitnya haha)

4. ATM nya bisa pake foto anak. Yang sayang sekali, pas Mami buat rekening Kalandra, mesin cetak ATM nya lagi rusak jadi ga bisa bikin ATM yang ada foto kalandra. Tp karena lagi mau sea games, BNI mengeluarkan ATM seri sea games. Yaudah kalandra pake ATM yang itu.

Dan setelah sekian minggu gak sempet-sempet, akhirnya kemarin nyempetin mampir BNI dan buka rekeningnya Kalandra. Syaratnya cukup mudah : copy KK, copy Akte lahir anak, KTP atau identitas lainnya milik orang tua (bisa ayah atau ibu, terserah), materai 6000 (mami beli di CS nya karena mami gak bawa). Kalo ditempat mami bikin, dimintakan copy buku rekening orangtua nya (ibu atau ayah yang identitasnya dipake untuk rekening si anak), tapi baca postingan amma fio dia gak punya rekening BNI bisa aja. Jadi mungkin poin ini ga begitu penting tapi bisa ditanyakan dicabang masing-masing.

Setoran awalnya Rp. 100.000,- dan mami lupa nanya berapa saldo minimal mengendap di tabungannya. ATMnya bisa dipake untuk tarik tunai dengan limit Rp.500.000 per hari. Dan bisa daftar sms banking.

Ada info yang baru mami kalandra dapatkan saat buka rekening. Bahwa ternyata bisa request nomor rekeningnya. Nomor rekeningnya ada 10 digit, naaah yang 8 digit awal bisa request, 2 sisanya yang random. Karena mami suka gugup kalo langsung ditanya tanpa persiapan. Jadi mami bingung kan ya. Untung aja gak mami jawab, terserah aja deh mba nomornya. Hahaha. Mbak CS nya juga syukurnya cepet tanggap ngeliat mami bingung, dia langsung bilang "boleh pake tanggal lahir adeknya aja bu". Dan mami jawab, "yaudah deh boleh". Trus nyesel pas dijalan pulang. Kenapa ga disamain ama no HP mami aja ya. Gampang diinget dan nomor cantik kan. Hahahahaha. Nyesel emang selalu dateng belakangan. Jadi buibu yang mau buka BNI taplus anak juga, silahkan disiapkan ya 8 digit angka untuk no rekeningnya. Hehehe...

Rekeningnya bisa langsung dipake setelah dibuat. Tapi ATM instannya ga ada. Mungkin karena Taplus anak bisa request no rekening kan, dan katanya di ATMnya ada nama anaknya makanya ga ada yang instan. Jadi ATM nya nunggu sekitar 2 mingguan. Yaudah ga apa-apa, malah sebenernya mami ga pengen pake ATM tapi yaudah gapapa kan ga ada biayanya juga.

Oh iya, Taplus anak ini bebas biaya bulanan. Tapi tetap ada bunganya. Bisa digunakan sampai dengan si anak berumur 17 apa ya, pokoknya sampe anaknya punya identitas sendiri gitu.

Naahh.. Ayo buibu yang anaknya dapet THR lebaran kemaren, yok ditabung sebelum kepake sama mamaknya.. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari