5 April 2015

Koala Kumal

Long wiken kata orang-orang yang sebenernya udah jadi long holiday buat gue sejak lama (hahaha) diisi dengan kegiatan menemani mama di rumah sakit. Dannn untuk membunuh kebosanan, gue mampir ke gramedia dan beli beberapa bacaan. Salah satunya adalaahhhhh :



Judul : Koala Kumal
Penulis : Raditya Dika
Penerbit : Gagasmedia 2015

Ada 12 cerita yang (menurut si penulis pada kata pengantar) bisa dibaca secara acak, ga perlu berurutan. Karena cerita yang satu dan cerita lainnya ga saling berkaitan.

...tapi gue tetep baca secara berurutan karena.. ya karena ini pertama kali baca.. ribet aja kalo bacanya lompat-lompat. Itu baca apa pocong coba lompat-lompat? Ehm. Dan kalo bacanya lompat-lompat ntar jadi bingung mana yang udah dibaca dan mama yang belom. Udah gitu capek ga sih kalo baca lompat-lompat?? :p

Cerita favorite gue?? "Ingatlah ini sebelum bikin film". Cerita yang bikin gue ngakak kayak orang gila pas lagi baca. Ampe dipelototin mamah dan diingeti kalo ini tempat umum, bukan sangkar (red : kamar) gue dirumah. Iya, saking seringnya dalem kamar, orang-orang rumah sering nyebut kamar gue itu adalah sangkar gue.

Oke. Kembali ke pembahasan tentang Koala Kumal.

Bab "ingatlah ini sebelum bikin film" jadi lucu karena jargon papahnya dika tentang titit. Yaelaaahh jargon. Hahahaha. Pokoknya jadi bikin ngakak apalagi kalimat itu teruuuus diulang-ulang sepanjang bab. Yang emang harus diinget sebelum bikin film (dan atau buku pun) adalah setidak sukanya orang rumah kita dengan film (atau buku) indonesia/cinta-cintaan/dan sebagainya,, kalo yang bikin adalah anggota keluarga yaaaa tetep aja bakal ditonton (atau dibaca). Kayak pas gue nerbitin relationship. Si papah ampe begadang loh bacanya. Padahal... ya tau sendirikannn ceritanya tentang apa gituh.. hahhahaa..

Bagian paling ga penting menurut gue adalah "panduan cowok dalam menghadapi penolakan". Bukan. Bukan isinya yang ga penting. Tapi panduannya. Yaampun banget lah ya. Hahahaha. Tapi ini ga dibikin buat nyukupin standar minimal buku terbit kan? Ehehehehehehe. Soalnyaa... apa ya.. lucu kokk.. bikin ketawa juga bagian alasan penolakan karena studi hahahahahahaha tapi entahlah, merasa kurang di eksplore lebih lanjut aja gituh ceritanya. Gitulah ya pokoknya. Gitu deh. Iya, gitu! :))

Kemudian cerita tentang 'LB'. Ahahahaha. Ahahahaa. Ahahahahaaha. Kalo di kantor lama gue LB adalah Lemari Besi. Kalo dicerita ini, LB itu ternyata.. ahahahhahahaha... *masih ga bisa berhenti ketawa* warning buat cowok-cowok nih kalo ada yang bikin identitas sebagai LB, ati-ati guyssss!! :))

Yang gue suka adalah bagaimana Dika selalu menemukan suatu filosofi tentang hewan yang berkaitan ama bukunya. Entahlah, selalu nyesssshhh aja gitu ama filosofi-filosofi yang ada :')

Over all.. sebelum gue sempet menarik intisari dari buku ini.. atau katakanlah sebelum gue sempet mikir dan nebak-nebak satu tema utama dari buku ini, si Dika udah jelasin di bab Koala Kumal.. bahwa serandom apapun isi buku ini, satu tema utama yang doi bahas adalah "PATAH HATI".

Patah hati pada persahabatan. Patah hati pada perempuan tanpa nama (yaampun bisa gitu ya naksir orang padahal ga kenal, ckckckck). Ga sadar bikin orang patah hati (eheiii dika ada yang naksiiir!!). Dan patah hati-patah hati lainnya. Tanpa disadari, kesemuanya memang tentang patah hati.

Dan pada akhirnya, yang bisa gue akui diakhir gue menutup buku ini adalahhh... gue tetap mengagumi Dika dan karya-karya yang dia buat. Dan semangat-semangatnya. Dan kreativitas-kreativitas yang dia punya. Yaaaa walaupun mengoleksi bukunya udah telat-telat banget (ape lo), tapi mudah-mudahan dikasih kesempatan sama Allah buat ketemuan lagi ya banggg... ada Koala Kumal sama Manusia Setengah Salmon nih yang belum di-ttd-in :p

Oh iya, lupa. Gue sukaaaaakkkk bookmark buku-bukunya Dika. Dari Marmut Merah Jambu ampe kesini, bookmark-nya lucuuuuuu ;;) covernya juga simpel tapi tetep eye catching dan khaaaasss... apalagi foto-foto absurd di belakang hard cover bagian depan (pokoknya dibagian situ deh ntar juga lo tau kalo udah beli bukunya). Keren dahh! Titik.

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari