17 April 2015

Madre

Judul : Madre (a coffee table cover)
Penulis : Dee Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka



Ini ceritanya ga sengaja berburu buku di Gramedia Book Sale Botani Square. Baru nyampe bogor, turun damri, baca spanduknya. Ga mikir-mikir langsung masuk. Ada ribuan buku yang di sale. Dan banyaaaak banget buku bagus. Ga melulu yang di sale buku-buku ga laku, ternyata. Kuncinya dua : tahan nyari, tahan rebutan. Hahaha. Karena kebanyakan stok buku cuma satu, kalo pun lebih dari satu letaknya entah dimana. Jadi begitu ngeliat yang eye catching, ambil aja dulu, jadi beli apa ga urusan ntar yang penting udah masuk keranjang. Hahahahahha

Madre adalah buku terakhir yang ga sengaja gue temukan dalam perjalanan menuju kasir. Ada yang abis baca back covernya terus diletakkin lagi, yang langsung gue ambil dengan cepat dan masuk ke keranjang gue. Well, mayanlaaa dapet 9 buku bagus-bagus.

Oke. Cukup intronya. Kembali ke Madre...

Karena ini versi baru (yang dibuat setelah film-nya tayang), jadi ditiap lembarnya ada selipan foto-foto adegan filmnya. 91 halaman full colour dengan kertas licin, kertas kayak majalah gitu. Bikin ga bosen selama baca.

Yang membuat gue tercengang adalah, ide cerita yang berasal dari Madre. Euh, kalo ga baca ini, sampe detik ini gue ga bakal tau apa itu Madre. Malah kemarin sempet baca ulang Pillow Talk dan ada bagian kue-kuean gini yang menyebutkan 'dough', gue males aja gitu gugling buat tau artinya. Daaaan harini kejawab sambil baca madre :D

Banyak hal yang gue pelajari dan jujur aja ya baru gue tau dari setelah baca Madre. Tentang Madre itu sendiri. Tentang,,, ya ampun jadi adonan biang itu begitu toh,, seperti manusia atau makhluk hidup... banyak hal yang kemudian gue tau tentang roti-rotian dari baca Madre.

Karena ini novelet, jadi jangan protes kalo kependekan. Iya iyaaa itu gue yang tadi protes. Tapi meski pendek, semua terangkum dengan baik. Ceritanya ga menggantung, feelingnya dapet, ga bertele-tele, settingnya kerasa, pokoknyah mah komplit, pas.

Seperti yang tertulis pada salah satu kata pengantar : "bagaimana jika sejarah hidup kita berubah dalam satu hari?". Gue jadi berfikir hal yang sama... gimana kalo sejarah hidup gue mendadak berubah dalam sehari? Ternyata gue anaknya presiden, misalnya... Atau ternyata gue punya satu sodara lagi yang selama ini belom pernah ketemu. Atau lainnya... Gimana?

Mudah-mudahan jangan.

Hahahahaha.

Gue suka ceritanya, suka idenya. Gue suka tampilan full colournya. Gambar-gambarnya bikin cerita berasa hidup. Bagian paling gue suka adalah saat lagi-lagi disadarkan bahwa ga ada kejadian yang kebetulan. Toko roti. Blog. Madre. Mei. Semuanya sudah diatur baik-baik sama Yang Kuasa. Meski bukan yang kita mau, tapi adalah yang paling baik :')

Satu sampe sepuluh? Delapan buat Madre. Cocok dibaca sebelum tidur karena ceritanya pendek. Dan bisa bikin lo mimpi ngadon kue. Lalalalalalaa ~

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari