19 April 2015

Filosofi Kopi

Setahun terakhi ini, sejak rutin wikenan ke Bogor tiap awal bulan... entah kenapa nonton bioskop ke Bogor jadi jauuuuh lebih mudah ketimbang nonton di bioskop Palembang. Well, ga cuma nonton bioskop sih. Tapi juga belanja, nongkrong di cafe, nyalon, ke toko buku, blablabla. Bukannya sok kebanyakan duit apa gimana, tapi ke Palembangnya yang jarang. Dan males sering ga ada temennya. Sementara jadwal ke Bogor pasti, udah gitu ada temennya. Ngerti, kan?

Singkat cerita, kemarin sesi shopping bareng adek dan berakhir nonton bioskop. Filosofi Kopi. Adaptasi dari cerita pendek Dee Lestari, berjudul sama.

Gue ngefans ama tingkah ngaconya Ben, btw. Santai, selengekan, tapi pinter ngeracik kopi. Walau gue ga suka kopi, dan ga ngerti juga yang gimana yang dibilang kopi enak. Gue lebih suka teh dan lebih tertarik tentang sejarah teh, blablabla, ketimbang Kopi. Kalo Filosofi Kopi menjadi Filosofi Teh, maka gue adalah El.. #apalo

Gue suka kertas berisi filosofi-filosofi kopi. Suka cara pelayanan di filosofi kopi. Yang, Ben, ga bisa boong emang bro... Wifi di cafe emang penting. Tapi seperti yang Ben bilang, bahwa dia mau orang yang datang ke Filosofi Kopi adalah karena kopi disitu enak. Bukan alasan lain. That's why, Ben, harus ada orang yang memanajemen kedai lo emang. Kecualiiii lo buka kedai buat have-fun, bukan buat nyari duit. You know what I mean..

Bagian paling sedih adalah saat gue tau alasan kenapa Ben begitu terobsesi pada Kopi. Dan alasan ibu-nya meninggal. Dan alasan kenapa akhirnya Ben diasuh keluarga Jodi. Dan semuanya... :') :')

Sepanjang cerita, perasaan gue seperti diaduk-aduk. Filosofi Kopi mengajarkan keberanian menerima tantangan, persahabatan, mengajarkan caranya berbesar hati dan memaafkan, mengajarkan ngerti bahwa apapun yang terjadi pada hidup kita selalu ada alasan baik dari Allah. Ga jarang gue ketawa liat tingkah Ben, sesaat kemudian gue terharu, dilanjutkan sedih ampe pingin nangis ngikutin jalan ceritanya. Campur aduk, komplit.

Yang mengganjal di hati gue adalah bagian paliiiiing akhir. Kok jadi Ben yang ngomong gitu ama El? Apa gimana nih maksudnya? Terus Jodi nya gimana? Pas lagi melanga-melongo gitu. Tiba-tiba lampu idup tanda film kelar. Disitu kemudian penonton beneran melongo. Kok ben sihhhh?

Pesan buat yang belum nonton. Jangan dulu memutuskan keluar Bioskop saat lampu bioskop belom nyala. Hahahaaaha. Gue nyaris keluar tuh. Pas udah (kirain) di ending, terus udah keluar tulisan nama-nama pemain, plus slide show kertas berisika filosofi kopi. Tapi lampu blom nyala, adek gue bilang ntar aja masih gelep. Orang-orang udah pada keluar. Ternyataaaa bok, abis itu malah ada adegan yang sweet. Adegan yang sebenernya malah bikin gue bertanya-tanya. Adegan antara El dan Ben... :')

Skala satu sampe sepuluh? Delapanbuat Filosofi Kopi. Mari nonton film-film Indonesia ! :)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari