24 Februari 2012

For Younger Me

Dear Dhea,

Saat ini, kamu mungkin sedang menangis sesegukan dikamar karena kamu baru saja menerima selembar kertas pengumuman yang menyatakan kamu tidak lulus PMDK ke Universitas Sriwijaya. Padahal kamu berharap banyak untuk itu. Padahal kamu yakin kamu lulus. Iya, kan?

Apalagi, Dhe... Seluruh guru mengatakan bahwa kamu tak perlu khawatir. Nilai-nilaimu yang diatas rata-rata dan ranking yang tidak pernah turun dari angka 1, adalah keyakinan terbesar bahawa kamu akan lulus. Aku tau rasanya, Dhe... Bangga. Tapi ternyata Allah berkata lain. Kamu tidak lulus.

Dan kamu menangis sesegukan sepanjang hari, bahkan menolak makan dan minum yang Mamah antar kepadamu. Aku tau kamu kecewa. Apalagi seminggu sebelumnya, atas perintah mamah, kamu baru saja menolak Bakrie School Management. Padahal kamu lulus dan tinggal daftar ulang. Tapi karena keyakinanmu akan lulus PMDK begitu kuat, ditambah Mamah yang tidak mengizinkan kamu kuliah diluar sum-sel, daaaaaan guru-guru yang selalu bilang "masa juara sekolah cuma kuliah di universitas swasta?" membuatmu melepaskan kesempatan itu.

Dan aku tau rasanya, sakitnya, kecewanya, keselnya... saat kamu sudah melepaskan BSM itu tapi kamu juga tidak lulus PMDK. Kamu malu... pada teman-teman yang rankingnya dibawah kamu tapi sudah dapet tempat kuliah... Padahal... dua minggu dari situ adalah test SNM-PTN. Dan kamu kehilangan semangat untuk belajar. Kehilangan semangat untuk mencoba mengerjakan soal. Kamu masih saja menangis, menyesali kenapa kamu tidak lulus.

Tapi kamu tau, Dhe.... kamu akhirnya akan tetap kuliah di Universitas Sriwijaya dan jurusan Akuntansi, loh... Iya. Universitas dan Jurusan yang sama dengan yang kamu daftarkan di PMDK. Kamu lulus test SNM-PTN. Dan kamu tau, Dhe... Mamah bangga sekali padamu. Mamah bahkan nggak pernah lelah menceritakan kamu yang kuliah di UNSRI dan jurusan Akuntansi dan lulus lewat SNM-PTN kepada semua tetangga kita :)


Lulus lewat SNM-PTN itu lebih membanggakan loh, Dhe... Kamu mengalahkan ribuan orang... Lewat test...

Dan kamu tau... harusnya kamu bersyukur karena kamu nggak jadi ambil BSM itu. Karena... kalo kamu kuliah disana, kamu nggak bakal ketemu pacar yang sebaik aku temui saat ini. Iyah. Aku kasih tau, yaa... Nanti kamu bakal dapet pacar yang sayaaaaang banget sama kamu, yang menjaga kamu baik-baik... Dan kamu akan bersyukur karena bisa sama dia :)

Kamu juga akan bertemu sahabat-sahabat yang baik, yang menerima kamu apa adanya, yang menyayangi kamu, dan membela kamu dari kesalahan apapun.

Allah sudah mengatur segalanya baik-baik buat kamu, Dhe... Dia hanya menguji seberapa kuat kamu... Jadi, kalo sekarang kamu masih menangis dan meratapi nasib nggak lulus PMDK mu itu. Hapuslah air mata itu, tarik nafas dalam-dalam, kumpulkan kekuatan, daaaaaan mulailah belajar :)

Allah sudah mengatur segalanya baik-baik buat kamu.... :)


dari aku,
kamu di 4 tahun mendatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari