29 Desember 2011

sahabat dan pacar

Lagi berkutat sama materi skripsi tiba-tiba pas ngintip TL ngeliat seliweran tweet tentang "sahabat yang jadi pacar". Ahhhh, gue gateel doooong pengen ikutan ngomong. Tapi itu tadi, 140 karakter nggak pernah cukup buat gue! Jadi, daripada maksudnya gak nyampe dan malah nimbulin salah paham ini itu, I'll write it on my blog. Yes, here! *singkirkan materi skripsi sejenak*

Kemaren-kemaren, gue sempet ngobrol sama sahabat... masalah sahabatan beda jenis kelamin.... menurut lo bakal sukses terus begitu, atau ditengah jalan bakal ada bumbu-bumbu cintanya?

Well... seperti sudah banyak kejadian... sampe dijadiin lagu... sampe menginspirasi buat bikin novel... menurut gue, sahabatan beda jenis kelamin itu emang bisa aja menimbulkan bibit-bibit cinta di kemudian hari. Lo deket sama orang yang beda jenis kelaminnya sama lo. Lo cewek, dia cowok. Kalian deketnya tuh dekeeeeet banget. Kemana-mana bareng, apa-apa diobrolin, dikit-dikit curhat, ini itu ngadu, saling bela, saling care. Yang tadinya nggak ada perasaan apa-apa, ujungnya juga bakal jadi ada apa-apa. Bakal tiba-tiba ada getaran aneh yang lo rasain kalo kalian lagi berduaan aja. Bakal ada... ehm... butterflies effect on your stomach pas dia ngasih perhatian keciiiil aja ke lo. Gue yakin banget!!! Iya. Meskipun pada dasarnya lo nggak pengen kesitu...


Terus coba deh lo bayangin. Kalo misalnya pas kalian berdua sama-sama jomblo. Terus kalo lo ada apa-apa, lo bakal ngadunya ke dia, dan dia dengan segala kemampuannya bakal nolongin lo, belain lo, jagain lo. Terus tiba-tiba dia punya pacar (yang jelas bukan lo, ya...), lo sih setuju-setuju aja dia punya pacar, toh lo nggak pernah kepikiran buat pacaran sama dia. dipemikiran lo, kalian sahabat. that's all. Tapi terus pas lo butuh banget sama dia, dia nggak bisa, dengan alasan lagi sama pacarnya. Nyesek nggak lo? Cemburu nggak lo? Okay. Sekalipun lo nggak ada perasaan apa-apa sama dia, ya... murni cuma perasaan sahabatan aja. Tapi, ngeliat dia yang biasanya mentingin lo tetiba mentingin ceweknya, hayolooooooh :))

and, yes... lo nyaman sama dia... dia yang selalu dengerin lo... dia yang selalu ada buat lo... dia yang selalu jadi prang pertama yang lo cari saat seneng pun sedih... dia yang bisa diajak gegilaan kapan aja... intinya lo nyaman sama dia... dan bukankah,, perasaan cinta itu diawali dengan rasa nyaman? Oke pertamanya lo nyaman sama dia... terus lama-lama?? Kayak yang tadi gue bilang, bakal ada getar-getar aneh yang kemudian lo rasain :)

Mengubah status dari sahabatan jadi pacaran itu adalah suatu keputusan yang berat. Menurut gue. Karena, iya kalo lo berdua jodoh. Langgeng. Sampe nikah. Sampe tua. Sampe waktu nggak mampu berdetak lagi. Kalo (jeleknya dan amit-amit) lo berdua metsi putus di tengah jalan, karena satu dan lain hal lah ya, apa lo yakin hubungan kalian bakal bisa balik kayak awal? Jadi kayak sepasang sahabat yang saling care lagi? Yakin? Gue sih enggak... bagus kalo kalian masih temenan, dipemikiran gue sih bakal jadi sepasang orang asing yang nggak saling kenal, nggak tegoran, dan musuhan :)

Itu mungkin alasan terbesar kenapa sepasang sahabat beda jenis kelamin selalu berat buat ngomong kalo mereka cinta sama sahabatnya. Kemungkinan terburuk yang bisa aja kejadian suatu hari itu yang serem banget. Padahal mestinya lo bisa adem ayem sahabatan, eh tapi karena 'itu' lo mesti jadi sepasang orang asing. Are you brave enough... buat ngambil resiko yang segini gedenya?? Gue rasa, kebanyakan pasangan sahabat beda jenis kelamin lebih memilih memendam perasaan mereka. Lebih milih cinta diam-diam, jatuh cinta sendirian... Lebih milih bungkam berdua, daripada sama-sama mengakui :)

Seperti gue dan bebii yang akhirnya memutuskan untuk saling menggenggam tangan setelah nyaris dua tahun kita berdua sama-sama berjuang melawan perasaan. Haha... Selama ini kita sahabatan, apa-apa dibagi, ini itu diobrolin. Rahasia itu kalo kita berdua yang tau. Bebii tau apapun tentang gue, gue juga. Bebii orang pertama yang gue telponin pas gue kenapa-napa. Dan betapa hidup gue amat sangat bergantung pada seorang bebii. Dan gue tau banget rasanya mesti nahan cemburu kalo bebii lagi sama pacar resminya dan menyingkirkan gue dari daftar prioritasnya!!!

Dan akhirnya, beberapa bulan yang lalu, kita memutuskan untuk menyerah dari perjuangan itu, pelan-pelan nyeret langkah mendekat, dan akhirnya mengakui kalo sebenernya kita saling sayang :p

Dan lo mesti liat segimana orang-orang (terutama temen deket kita berdua) yang kontra akan hubungan gue sama bebii. Selayaknya kebanyakan orang lah, mereka mengkhawatirkan hubungan gue sama bebii kedepannya. Kalo jeleknya kita berdua nggak bertahan, mereka menyayangkan sahabatan kita yang udah sedemikian lama...

But, that's life... it's all about taking risk... dan gue sama bebii memilih untuk menghadapi resiko itu... ngapain nahan perasaan sayang? takut sama resiko dikemudian hari? emang kalo kita sama-sama nahan perasaan dan memilih untuk nggak jadian, apa sahabatan kita bakal baik-baik aja? Toh kita nggak pernah tau, hal-hal lain apa yang bisa aja datang dikemudian hari dan ngancurin persahabatn kita. Iya kan??

Kalopun nanti (jeleknya dan amit-amit) gue sama bebii nggak berhasil di hubungan ini?? Setidaknya kita berdua udah nyoba dan nggak bakal meninggal dengan rasa penasaran... Rasanya itu jauuuuh lebih lega daripada nahan perasaan sayang seumur hidup dan berujung meninggal dengan penasaran...

Terus kalo ternyata (bagusnya dan mudah-mudahan) hubungan ini terus berlanjut sampai kita tua... bukankah menyenangkan?? Toh gue sama bebii udah saling kenal lama, udah tau baik-jeleknya berdua, udah nggak perlu jaim-jaiman lagi. Dan yang jelas, udah paham banget gimana caranya untuk saling mengerti :)

Tapi satu hal yang mesti lo inget.... ada orang-orang yang cocok jadi sahabat, tapi belum tentu cocok jadi pacar. Mungkin aja lo nyaman sewaktu jadi sahabat dia, tapi begitu jadi pacar? :) Kalo bebii sih? Dia cocok jadi apa aja buat gue. Dia mah selalu tau caranya jadi apa pada saat kapan. Apalagi jadi ayah dari calon anak-anak gue, cocok pisan! Hahahahaa

Ah, that's life... yang dibutuhkan cuma berani memilih.... dan kalo lo udah memilih sesuatu, apapun resiko dikemudian hari, just deal with it :)

Baiklah.... mari kembali ke materi skripsi :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari