25 Oktober 2018

The man who plays piano - Review

Identitas Buku

Judul : The man who plays piano
Penulis : Rufin Dhi
Penerbit : Roro Raya sejahtera (Twigora)
Tahun terbit : 2018
Jumlah Halaman : 234++
Harga : Rp. 67.000,-

***
Tagline

"Aku telah jatuh cinta... sebelum bertemu dengannya"

***
Blurb

Bagaimana menjelaskan perasaan yang tak ada logikanya ini?
Jatuh cinta pada orang yang belum pernah dia temui...
Anka sembarangan menamainya Tuan Pianis, orang yang bertanggungjawab atas permainan piano indah yang mengalun dari gedung di sebah perpustakaan.
Laki-laki itu begitu misterius sekaligus memancing rasa penasaran.
Pesan-pesan yang dia tinggalkan untuk Tuan Pianis dibalas dengan tak kalah antusiasnya.
Anka tak ingin laki-laki itu terus menjadi anonim.
Sudah saatnya berhenti menerka-nerka siapa jati diri Tuan Pianis yang sebenarnya.
Anka pun memberanikan diri untuk merisikokan hati demi memuaskan rasa penasarannya.
Dia ingin lebih dekat pada orang yang bertanggungjawab atas binar-binar dimata dan debar-debar didadanya ini.
Sayangnya, Anka tak tahu kalau setelah pertemuan penuh kesan itu, Tuan Pianis yang dia kagumi itu kelak akan membuatnya merasa terpuruk.
Risiko jatuh cinta, kalau kata orang-orang.
Salah sendiri mencurahkan segenap perasaan tanpa pikir panjang hingga yang kini tersisa sekarang hanya hati yang kosong... dan retak.

***
Review

Setelah sekian kali mencoba peruntungan untuk mendapatkan novel ini lewat kuis-kuis dan berujung gagal mulu, gue nyerah dan akhirnya memilih beli aja. Tapi pas lagi diskonan twigora, dan harganya jadi murahhh banget. Alhamdulillah. Soalnya gue penasaran ingin baca, liat dari covernya kayaknya ceritanya bakal manis manis sendu gitu. Hahahaha...

Pertama baca, seperti biasa yang gue baca duluan adalah... tentang penulis! Dan cukup mengejutkan karena ternyata si penulis (yang panggilannya Ipin) ini kelahiran 1997. Buset yaaa... gap umurnya ama gue jauh banget. Yang begini ini bikin gue malu ama draft-draft tak berujung dan cuma jadi penghuni laptop doang. Hikssss....

Rifihana.. Rufin Dhi... Ipin... Rifina... banyak amat namanya ya... ramah banget, asli. Beberapa kali gue berbalas pesan lewat DM instagram, dan ngobrolin post crossing gitu. Semoga selalu tetap ramah kayak gini ya, Dek. Walaupun nanti udah jadi penulis besar, karyanya cetak ulang berkali-kali, dan talkshow sana sini. Hehe. Aamiin...

Baiklah... mari balik ke fokus utama untuk ngomongin novelnya!

Seperti dugaan gue... bahwa cerita dalam novel ini emang manis sendu... cerita anak kuliahan yang bikin gue flashback masa masa manis bertahun-tahun yang lalu. Cih. Hahahaha. Tokoh-tokohnya standar cerita abege. Cewek biasa aja, sahabatan ama cewek cakep. Eh ada cowok yang (sok) cool dan jutek gitu yang ditaksir mati-matian ama si cewek cakep, rupanya lebih milih si cewek biasa aja. Yaaaa tipe konflik yang sering kita temui di cecintaan ala abege lah. Tapi dikemas dengan sangat baik dan ditambah twist-twist lainnya yang mengejutkan gue, bikin novel ini jadi berbeda dengan yang lainnya.

Konfliknya ga sekedar cinta segitiga itu doang. Tapi ada lain-lainnya. Dan gue sempet terkecoh ama satu part ditengah-tengah tentang si Tuan Pianis dan Bastian (yes, kalian harus baca sendiri untuk tau kisahnya). Saat baca buku ini, kita akan dibawa menebak-nebak siapa si Tuan pianis ini. Awalnya gue udah nebak siapa kan... tau-tau muncul Bastian. Sempet yang kagek gitu. Lah ternyata endingnya ya ngagetin dan gak gue sangka juga. Sweet...

Kegiatan surat menyuratnya ini yang bikin gue senyum-senyum. Gue ampe sekarang juga masih suka banget bikin surat-surat kayak gini. Yaaa meski bukan surat kaleng rahasia ya. Tapi sekedar notes-notes kecil buat suami gitu... diselipan kado, kue, atau surprise lainnya. Dan pernah juga dong gue kirimin dia surat cinta yang emang beneram via pos. Dulu, pas masih pacaran. Hahaha. Tapi ya ga dibales ama dia. Ish...

Ada kesalahan penulisan judul pada front dan back cover. Di front PLAYS di back PLAY. Yang bikin gue bingung dong. Hahahah. Tapi ya ga penting-penting juga sih. Ga ngaruh ama isi cerita. Warnanya manis.. sendu... baby blue dan baby pink.. semanis dan sesendu isi ceritanya :')

Cerita kehilangan si Erika agak kurang dapet. Meski bukan konflik utama, tapi toh merupakan bagian tak terpisahkan dari kisah Nona Pengagum dan Tuan Pianis. Hehehe. Atau gue aja yang ga fokus banget baca karena penasaran ama ending dan kebanyakan deksripsi panjang yang gue skip atau baca sekali lewat doang makanya feel nya ga dapet. Hihihi.

Novelnya termasuk tipis. 200an halaman. Gampang dibawa-bawa dalem tas untuk dibaca pas ga ada kerjaan kan ye. Harusnya sih bisa kelar baca dalam sekali duduk, apalagi ceritanya bikin penasaran. Tapi maap maap karena gue cuma sempet baca pas waktu-waktu tertentu (mis : di ruang tunggu kereta) jadi yaaaa kelar baca buku yang tipis kayak gini aja butuh semingguan. Hehehehe

Dan akhir kata, gue ga menyesal memutuskan beli buku ini. Biarlah ga berjodoh menang kuis, berjodoh dapet harga diskonan yang murah banget aja gue udah seneng. Dah aku mah apa atuh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari