2 November 2013

Luntang-Lantung

Pesennya sih versi baru, eh pas paket bukunya sampe malah dapet yang versi lama. *mewek*

Judul: Luntang-Lantung
Penulis : Roy saputra
Penerbit : Bukune, 2011

Tentang proses pencarian kerja seorang fresh graduate. Gue senyum geli baca beberapa bagian yang juga gue rasakan dulu, setahun yang lalu, pada masanya gue mencari kerja. Emang, yaa... Kampret banget rasanya kalo temen yang kemampuan akademisnya jauh dibawah kita tapi udah dapet kerja duluan. Lebih kampret lagi karena kita selalu bareng daftar dan ikut tes sana-sini :))

Cara kerja memang nggak gampang. Apalagi cari kerja yang sesuai sama kita dari segi posisi dan salary. Gue mengalaminya juga. Sebenernya gampang kalo cuma sekedar 'yang penting kerja'. Mulai berasa nggak gampang itu saat menyesuaikan dengan jobdesc sesuai sama yang kita mau, posisi, dan terlebih salary. Dan kebanyakan fresh graduate pengennya kerja enak, posisi yang pake bahasa inggris-bahasa inggris biar keren, dan salary gede. Bhahahhaa. Gue pernah bikin postingan tentang proses pencarian kerja juga di blog ini.

Salah satu bagian yang menceritakan tentang Account Executive itu bikin gue ketawa ngakak. Gue dulu juga gituuuu.... Beneran nggak tau apa itu Account Executive. Dengernya keren ya, bok. Dengan PD ngelamar di suatu perusahaan dengan posisi ituh. Di panggil interview.... Ternyataahh.... Account Executive itu adalah.... Sales. Nyahahhaaaa.... Ya ampuuun x_x

Buku ini bagus dibaca untuk para fresh graduate yang sedang giat mencari kerja. *colek pacar*. Ada beberapa tips ngawur yang bisa diterapkan. Asal jangan tertular jawab interview asal-asalan kayak si Ari Budiman ini, yah... Baca buku ini juga supaya nggak salah pilih posisi yang dilamar xD Belajarlah dari pengalaman si Ari. Jangan asal ngelamar di posisi yang kedengerannya keren karena pake bahasa ingris. Kalo bisa, sebelum apply, pastikan lo tau apa itu posisi yang lo lamar. Bila perlu gugling dulu sebelum apply. Hahahhaa. Paling enggak, dengan baca buku ini, kita bisa belajar untuk doand don't yang dilakukan saat proses pencarian kerja :))

Pada satu bagian entah dihalaman berapa gue lupa, tentang si Mulyono. Cara akang Roy memperkenalkan Mulyono ini dan ciri-ciri Mulyono yang annoying ini, bikin gue inget salah satu part di buku Jomblo-nya kang Adit. Mirip banget sampe rasanya gue lagi baca Jomblo. Hehehe. Mungkin kang Roy mengidolakan Kang Adit (seperti gue mengidolakan mereka berdua, cieh...)

Satu quote pembuka bab yang bikin gue senyum geli adalah : To make someone special, you just need to add another egg. Just like martabak. (halaman 86) Jadi buat bikin seseorang jadi spesial buat kita, kita cuma butuh tambahin telor? Kayak martabak, kalo spesial pake telor :)) :)) :)) :))

Karikatur di sela-sela cerita (atau apa sih ini nyebutnya) juga bikin gue senyum geli. Kalimat-kalimat yang udah lucu, di realisasikan dengan gambar. Bikin gue nggak perlu capek-capek ngebayangin gimana adegan sesungguhnya karena sudah ada gambar yang bikin khayalan gue jadi gampang :D

Buku kang Roy ini memang nggak pernah gagal bikin gue ketawa, atau paling enggak bikin gue senyum-senyum geli. Komedi yang nggak maksa dan cukup bikin refreshing otak banget. Setelah bertahun-tahun keluar, Dhea-nya baru sempet beli dan baca sekarang. Bhahahaa. Itupun karena ada versi baru. Padahal pengen yang versi baru karena covernya cantik, tapi malah dapet yang versi lama ini :'(

Psssttt. By the way. Kabarnya buku ini bakal dijadikan film, ya? iya ya kang roy, yah? Dan ada acho @muhadkly ikut main? Oh, okay. Gue pastikan gue nonton film ini :D

Satu sampe sepuluh? sembilan buat Luntang-lantung. Biar nganggur, yang penting (kelihatan) makmur. :D :D :D

Ps. Mau attach foto bukunya gagal muluuuuuu -____- nyusul deh kalo sinyal bagusan dikit :(

2 komentar:

Blog Design ByWulansari