9 November 2013

The DestinASEAN

Baca catatan perjalanan orang lain memang selalu sukses bikin gue pengen jalan-jalan juga. Tapi untuk ukuran gue yang selalu keringetan dingin dan mual kalo nemu persimpangan-persimpangan, plus susaaah bedain kanan dan kiri, travelling sendirian masih belum ada dalam daftar impian gue. Paling enggak berdua, deh. Kalo nggak sama pacar, ya sama papah. Because both of them - papah dan pacar - nggak pernah nolak kalo gue rese berkali-kali minta fotoin disana-sini selama perjalanan :D dan, oh, karena mereka berdua juga selalu sabar gandeng tangan gue dan menunjukkan arah yang benar tiap kali gue udah mulai panas dingin nemu persimpangan. Hahahaaa.

The DestinASEAN adalah buku catatan perjalanan kesekian yang gue baca. Tetep ada kang Roy Saputra sebagai salah satu penulis didalamnya. Ini gue bingung juga, gue beli buku ini karena ada Roy diantara salah satu penulisnya.... Atau karena gue pengen baca tentang jalan-jalannya? Well, kayaknya karena Roy. Hhahaa. Cara doi menulis selalu bikin gue pengen lagi dan lagi baca tulisannya.

Jadi the DestinASEAN ini bercerita tentang perjalanan-perjalanan para penulisnya di negara-negara ASEAN. Nah ini gue suka nih, ada daftar isinya. Jadi kalo besok-besok pengen baca random salah satu cerita, gue nggak repot nyari lembar per lembar :D *penting* *penting banget*

Ada beberapa cerita yang jadi favorite gue. Cerita-cerita yang rasanya bakal gue baca lagi besok-besok-dan besoknya kalo gue kangen baca. Cerita yang meninggalkan kesan pas gue baca. Yang paling gue inget diantara cerita lainnya. Cerita-cerita favorite gue itu adalah :

1. Sumatera utara, sumatera barat, sum-pah gue pusing-nya Adis, halaman 215 . Modal utama jalan-jalan itu bukan nekat, tapi sehat. Bener banget. Kalo sakit mah pasti ga enak ngapa-ngapain. Udah jauh-jauh kesana juga. Tapi kalo gue jadi Adis, gue bakal tetep masuk ke rumah Tjong A Fie itu. Kapan lagi, bok. Besok-besok belom tentu gue bisa kesana lagi. Mumpung lagi disana :D

2. Shutter Love - Adis (halaman 168). Tokoh utama penceritanya bener-bener diluar dugaan gue. Kaget bener waktu di ending. Ternyata... hahahaha. Keren. Paling beda dari yang lain. Sudut pandang yang the one and only didalam buku ini. Gue sampe baca dua kali loh. Pertama versi gue yang belom tau ternyata yang lagi cerita itu si itu. Kedua pas gue udah tau. Hahahahaaa.

3. Mendaki Gunung, Lewati Lembah - Roy (halaman 190). Tulisan Roy ga pernah mengecewakan gue. Selipan-selipan humor di sela-sela cerita yang jadi ciri khas roy banget bikin gue gak bosen baca tulisan dia. Selalu bikin cerita yang padahal berat, terasa ringan pas dibaca. Salah satu foto di cerita ini bikin gue terinspirasi bikin foto yang kayak gitu juga tapi beda lokasi. Kalo disini fokusnya ke Mount Faber Park, kalo gue ke Desa Rimba Candi, oh atau ke Monumen Pagaralam Kota Bunga. Nyahahahaaa. Dan celetukan "hari gini gak tau arah"-nya kang Roy (halaman 192) bikin gue ngakak. Monyoooong, kan gue tuuuuh. Nggak tau arah xD kalah gue sama halte bus singapura ya kang :)) :))

4. Wisata Mental di Phnom Penh - Dendi Riandi (154). Cara nulisnya si kang Dendi ini mirip-mirip cara nulisnya kang Roy. Selalu ada selipan humor. Cerita ini sebenernya serem, tapi kang Dendi nyelipin beberapa celetukan yang bikin suasana horor pas baca diselipin senyum geli :)) eniwei kang, kepikiran bener mau kesana? Bacanya aja serem apalagi pas ada disana ya. Hmm...

Gue suka ilustrasi yang ada di cerita pertama. Singaporeans-nya Puty. Kalo cerita lainnya di selipin foto lokasi, Puty menyelipkan ilustrasi lokasi yang dia ceritakan. Kan katanya no pic = hoax, ya? Hahahahaa. Ilustrasi Puty ini mirip asli bener. Beneran pengganti foto :D (Mirip asli, Dhe? Emang pernah ke lokasi yang Puty ceritain? Wakakakakakk).

Cerita Thai Massage-nya Mbak Venus dong bikin pengen. Apalagi kemaren pas baca pas banget lagi pegel-pegel sebadan gegara main ke Desa Rimba Candi yang jauhnya astaga banget dari kantor :'( :'(

Nggak ada cerita yang gue skip disini karena gue bosen bacanya. Cuma ada satu cerita yang nggak habis gue baca, itu tulisannya Adam Poskit. Itupun bukan karena bosen, tapi karena pake bahasa inggris, dan gue lagi males baca sambil mikir. Maunya sekali baca langsung paham. Hihi. Ada beberapa vocab yang gue nggak tau artinya, makanya pas setengah baca, langsung gue skip ke cerita berikutnya. Nanti gue baca lagi deh pas otak lagi enteng (sambil bawa kamus) :D

Pembatas bukunya lucuuuuuk!!! Tapi pas liat, tetep gue bingung yang mana depan mana belakang. Diliat berkali-kali baru ngeh, yang item di ujung itu ternyata asep, bukan bagian depan x_x hahahahaaa tapi kereen... sukaaa... kalo abis beli buku, pertama yang gue lakukan abis buka sampul plastiknya adalah memastikan dapet pembatas buku apa enggak. Dan pas tau dapet yang lucu begini, seneeeengggg banget °\(^▿^)/° °\(^▿^)/° °\(^▿^)/°

Satu sampe sepuluh. Sembilan buat buku ini. Gue bacanya semingguan bok. Karena pengen menghayati satu demi satu cerita didalamnya. Deskripsi-deskripsi yang cukup jelas bisa jadi panduan mereka yang mau dateng ke salah satu tempat yang diceritakan dalam buku ini. Kalo bingung mau kemana, ngapain aja, makan apa, foto dimana, dsb... Baca aja buku ini sebagai panduan arah dan tujuan :D yang jelas sih, baca buku ini bikin pengen jalan-jalan (kesana) juga :D

Tapi gue pribadi, belum mau travelling ke negara lain. Selain jauh dan pasti nggak dibolehin mamah (meskipun udah gede dan siap nikah gini *eh), juga karena gue pengen mengeksplorasi yang deket dulu. Belum pingin juga keliling Indonesia, karena butuh waktu libur panjang yang susah didapatkan selama gue masih kerja dikantor ini. Sekarang ini, gue pinginnya bisa keliling sumatera selatan. Kan banyak tempat wisata yang nggak kalah kerennya dari negara-negara lain. Dan sudah gue mulai dari sekarang. Kerja dikantor yang susah liburnya ini lah yang justru bikin gue pelan-pelan bisa keliling sumatera selatan gratis (red : dibayarin kantor) :D



Judul : The DESTINASEAN
Penulis : Ariev Rahman, Roy Saputra, dkk.
Penerbit : B-first, 2013


By the way, kakak-kakak pencerita di the DestinASEAN, ada yang mau nyoba backpacker ke kota Pagar Alam, Sumatera Selatan? Gue siap jadi guide-nya :D nggak bakal nyesel lah kalo kesini... *Gue kok sudah jadi semacam duta Visit Pagar Alam*

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari