28 Mei 2018

Ubur Ubur Lembur a Review

Identitas Buku

Judul : Ubur Ubur Lembur
Penulis : Raditya Dika
Penerbit : Gagasmedia, 2018
Jumlah Halaman : 231++
Harga : Rp. 66.000,-

***

Blurb

Hal kedua yang gue nggak sempat kasih tau Iman : jadi orang yang dikenal publik itu harus tahan dengan asumsi-asumsi orang. Misalnya, orang-orang penuh dengan asumsi yang salah. Gue kurusan dikit, dikomentarin orang yang baru ketemu, 'Bang Radit, kurusan, deh. Buat film baru, ya?' Gue geleng, "Enggak." Gue bilang, 'Emang lagi diet aja'. Dia malah balas bilang, 'Ah, bohong! Paling abis putus cinta, kan?'

Giliran gue potong rambut botak, ada orang yang ketemu gue di Mall nanya, "Wah botak sekarang? Lagi shooting tuyul dan mbak yul reborn ya, bang?" kalau udah gitu gue cuma terkekeh sambil jawab "Enggak, lagi cosplay jadi kacang sukro, nih"

Ubur-Ubur Lembur adalah buku komedi Raditya Dika. Bercerita tentang pengalamannya belajar hidup dari apa yang dia cintai, sambil menemukan hal remeh untuk ditertawakan sepanjang perjalanan. Seluruh bab di dalamnya diangkat dari kisah nyata.

***
Review

Seperti biasa, judul buku Raditya Dika masih diambil dari nama hewan. Kali ini pilihan jatuh pada Ubur-ubur. Pada cerita terakhir, yang berjudul sama dengan buku ini dijelaskan filosofi kenapa Ubur-ubur. Jadi menurut Radit, Ubur-ubur itu hewan yang lemah, lunglai, dan hanya hidup mengikuti arus. Seperti Radit yang saat itu bekerja pada bidang yang tidak sesuai dengan minatnya, makan dan hidup dari gaji, mengikuti perintah atasan, lembur sampai malam, dan bahkan kalo bekerja sekian kali lipat pun gaji ga ikut naik sekian kali lipat juga. Itulah alasan kenapa akhirnya dia memutuskan resign dari anak kantoran dan menulis.

Ada 14 kisah didalam buku ini, tentang persahabatan, cinta, keluarga, pekerjaan, cita cita, juga ada yang berbumbu horor. Favorite gue adalah "Pada Sebuah Kebun Binatang". Dududuuu, cerita cerita macam gini yang dulu pada masanya bikin ide menulis gue mengalir deras. Tentang kejebak friend zond gitu loh.. Kampret emang, tapi kadang ada yang sengaja diem aja biar bisa tetep temenan dan deket. Menurut gue mungkin itulah definisi sayang yang sesungguhnya. Ga peduli dia sama elo atau bukan, asal bisa dekat dia dan memastikan dia terus bahagia aja udah cukup. Cieeee...

Sayangnya... Kisah-kisah yang ditulis Radit dalam buku ini agak kurang nendang komedinya (menurut gue). Tapi bukan berarti gue ga suka. Justru gue suka karena Radit kalo udah nulis sesuatu yang gegalauan (mohon maaf bahasan mana ini ya bu dhea) tuh jleb nyessss banget. Dulu gue favorite banget ama tulisan dia tentang "orang yang jatuh cinta diam-diam", jleb gimanaaaa gitu. Nah buku yang ini pun, meski ceritanya ga cecintaan, dan tetep ada bumbu komedinya, tapi ga bikin gue ketawa ketawa sendiri, malah sebaliknya jadi bikin gue merenung karena kata-katanya dalem dan membekas (busyeetttt dalem kayak sumur kali ya).

Satu lagi yang gue favorite kan dari buku buku nya Radit sejak Marmut Merah Jambu adalaaaah.. Book mark nya yang lucuuuk banget. Berbentuk. Bukan segiempat polos biasa. Lucuuuu. Dan karena gue udah koleksi buku Radit dari dulu banget jadi gue ga tau apakah buku lamanya yang cetakan baru dengan cover baru itu book mark nya udah unyu unyu kayak gini juga apa belom.. Hihiii...

Oh gue juga suka cerita yang berjudul Ubur-ubur lemburnya. Semacam menyadarkan diri gue yang bercita-cita jadi Penulis tapi akhirnya takluk pada permintaan orang tua untuk punya kerjaan mantep. Menulis bisa sampingan, kata Papa dan Mama jaman dulu. Ga perlu dijadikan pekerjaan utama. Yang gue sesali sekarang karena sejak menjadi wanita karir (sok) sibuk, ternyata menulis jadi hal yang mahal buat gue. Bahkan untuk bikin blogpost aja gue kadang ga sempet sempet. Boro boro kan mo nulis novel sekian puluh halaman. Hahaaaa... Jadi gue salut kalo ada penulis yang punya kerjaan utama sebagai pekerja kantoran, dan penulis sebagai sampingan aja. Hebat euy...

Jangan berekspektasi terlalu tinggi untuk tertawa ngakak bersama buku ini (seperti buku Radit yang dulu dulu).. Karena nanti bakal kecewa, kayak gue. Tapi kekecewaan itu akan terbayar dengan cerita cerita "serius" penuh pelajaran ala Raditya Dika. Jadi, ga akan menyesal untuk membeli dan meluangkan waktu baca buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari