18 Januari 2014

SoleMate

Beberapa bulan yang lalu gue iseng ikutan give away nya mbak @myaharyono di myaharyono.com, saking isengnya, gue sama sekali nggak ngarep bakal dapet hadiah. Haha. Makanya kaget pas baca email mbak Mimi minta alamat. Ternyataa,, semua yang ikutan give away dapet hadiah. Horee :D

Lebih horee lagi saat hadiahnya sampe rumah dan yang gue dapet adalah buku SoleMate dan kartupos dari Cappadocia. Kartuposnya cantiiiiiikkkk syekaliii.... Gue sampe berkali-kali ngeliatiinya. Hihi. Dan SoleMate sebenernya udah ada dalam wishlist gue sejak nih buku terbit. Tapi karena akhir-akhir ini lebih sering berburu secondhand book, jadinya ketunda mulu mau beli. Dan emang dasar jodohnya mau dapet gratisan. *eaaaaa

Gambar di ambil dari myaharyono.com


Judul Buku : Sole Mate
Penulis : Mia Haryono, Grahita, dkk
Penerbit : Gradien, 2013

Gue suka warna dan gambar covernya. Lembut, adem, manis. Entah kenapa tapi begitu lihat cover buku ini maka yang terbayang di benak gue adalah Mbak Mia. Entah kenapaaa... hahahaa... Tapi kesannya buku ini betul-betul mbak Mia banget :D

Ada puluhan cerita tentang sepatu. Awalnya gue sempet berekspektasi bahwa isi buku ini akan banyak cerita tentang cinta yang dianalogikan dengan sepatu. Haha. Karena di awal baca, ada cerita pembuka yang menggiring pikiran gue untuk berpikir begitu. :p Tapi ternyata gue salah. Sebagian besar isi cerita adalah benar-benar tentang sepatu itu senditi. Tanpa analogi atau kiasan atau apapun. Bahkan hampir setengah isi cerita menjadikan sang sepatu itu sendiri sebagai tokoh utama. Bercerita tentang hidup dalam pandangan si sepatu.

Ada beberapa cerita yang jadi Favorite gue. Dan kesemuanya adalah cerita-cerita yang endingnya bener-bener jauuuh diluar dugaan gue. Gue suka membaca cerita dengan ending yang tak terduga. Gue suka jenis tulisan yang diawal menggiring untuk berfikir lain tapi ternyata di ending dikasih surprise. Semacam jenis cerita yang akan gue baca dua kali setelah tau endingnya dan akan selalu gue inget berhari-hari kemudian. Hahaha.

Cerita-cerita favorite gue adalah : 

1. Tentang Damar - Stephany Josephine (152), nyessss sekaliiiii, kalimat demi kalimat yang sendu juga bikin gue sedih dari awal baca.

2. Kamu dan Aku, di Suatu Hari - Ch Amalia Ahmad (189). Dari awal gue berusaha menebak siapa dua tokoh dalam cerita ini. Ternyata... :')

3. Ketika Fakta Meraja - Grahita Primasari (226), bok endingnya bok... Ngagetiiin.. Kirain tentang cinta segiempat doang, ternyata? lebih dari ituuu... lebih bikin shock!

4. Cadangan - Okke Sepatumerah (26), gue suka analogi tentang cadangannya.

5. Sepatu Merah Anna - Mia Haryono (86) bikin merinding. Serem, mbak... Tapi keren.

Gue bukan shoesholic, tapi akhir-akhir ini entah kenapa jadi doyan beli sepatu. Tapi bukan jenis-jenis sepatu mahal kayak yang diceritakan dalam beberapa cerita disini. Gue lebih milih beli sepatu murah tapi banyak jadi bisa ganti-ganti, ketimbang beli yang mahal tapi cuma satu. Hehe. See? I am really not a shoesholic, kan? :p Gue jadi tau banyak jenis sepatu dan merk-merk sepatu mahal dari SoleMate ini. Karena selain menyajikan cerita tentang sepatu, di SoleMate juga diselipkan beberapa fakta penting tentang sepatu, pengertian-pengertian jenis/istilah sepatu yang nggak familiar bagi orang awam, juga sejarah dan asal muasal penamaan jenis sepatu tersebut. Jadi selain cerita fiksi, SoleMate juga menyajikan beberapa fakta. Komplit, lah...

Bagian favorite gue yang lain dalam buku ini adalah caption-caption kak Fatima Alkaff dalam setiap foto yang menjadi pemisah antar cerita. Semacam membaca oxford versi galau, ya? #eh :D ada beberapa yang langsung gue jadikan personal message di blacberry messanger gue begitu gue membacanya hahahhaa dan gue akan mengutipnya beberapa disini...

Optional : The Choice you would never choose.

 Replacement : No matter how good, it isn't you.

 Walked Home : To a Place called your heart

Inseparable : Because I need you both.

Second Chance : Can we try it once again?

 Lalu ada satu kalimat (menurut gue) penyemangat yang ada di salah satu cerita yang (juga) pengen gue kutip disini. Semoga kebanyakan ngutip begini nggak menjadikan gue spoiler hahahhaha

Hidup ini bukan tentang apa yang kita pakai. Bukan tentang seberapa lama kita berjalan bersama. Bukan juga tentang betapa mati-matiannya kita berjuang demi sesuatu. Hidup ini tentang bagaimana kita bisa tetap tersenyum dalam kehilangan. Bagaimana kita bisa tetap berdiri dalam kepincangan. Dan bagaimana kita bisa tetap kuat dalam kerapuhan. (187)

Daaaaannn masih ada banyak lagi caption foto kak Fatima alkaff juga kalimat-kalimat quote-able dalam setiap cerita yang nggak akan gue tulis semua disini. Karena, selain gue cape, juga akan menyenangkan kalo kalian menemukan sendiri semuanya saat membaca lembar demi lembar SoleMate. Bacaan ringan yang sangat cocok mengusir kebosanan saat weekend jauh dari pacar (iyaaa itu gue, ape lo ape lo). Jangan lupa siapkan segelas teh manis hangat dan setoples cemilan untuk menemanimu membaca :D

Btw kak Grahita, I know that Sepatu Teplek Merah Muda dan Sendal Jepit Hitam ituuuuu :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari