13 Juni 2015

My Favourite

Gue ga tau kegemaran membaca ini menular dari siapa, mengingat papah dan mamah sama sekali ga doyan baca. Bahkan mama seringkali marah kalo gue keseringan beli buku bacaan. Kalo papa sih tiap minta beliin ya pasti dibeliin, tapi beliau ga doyan baca juga kok.

Gue tidak terlahir dari orang tua yang gemar membaca dan kerap mengajak anak-anaknya ke toko buku di wiken. Apalagi di Prabumulih sampai detik ini ga ada toko buku. Boro-boro Gramedia, toko buku kecil aja ga ada. Paling banter kios majalah, yang kebetulan jual beberapa novel ato komik bajakan. Dhea kecil juga ga pernah dibacain dongeng atau buku apapun sebelum tidur sama mama papanya.

Tapi gue punya tante, my lovely auntie, yang suka baca dan dari dia lah gue mulai tergerak buat belajar nulis cerita. Juga punya bude yang suka baca dan punya perpustakaan kecil disebelah musholla rumahnya. Tapi gue jarang ketemu mereka, dan gue juga ga pernah dibeliin buku ama mereka. Jadi ntahlah, ya. Tau-tau aja gue udah begitu terobsesi dengan buku.

Gue selalu bawa buku kemana-mana. Di tas, selalu ada buku bacaan. Biasanya kalo lagi nunggu, antri sesuatu, di bis, gue biasanya baca buku. Meski ga selalu buku baru, bisa jadi buku yang udah pernah gue baca, tapi gue selalu bawa buku dalem tas. Itulah kenapa gue ga bisa ya kemana-mana ga bawa tas (atau bawa tas kecil). Secara bawaan gue segambreng, buku mah salah satunya aja.

Ada satu kebiasaan aneh gue, hahahahaha. Gue selalu bawa buku kekamar mandi tiap mau BAB. Kalo ga sambil baca buku, gue ga bisa BAB. Kebiasaan aneh ini dimulai saat kecil, saking penakutnya gue, gue mencari cara supaya gue ga ngelamun yang aneh-aneh pas lagi BAB. Akhirnya gue memutuskan baca buku. Hahahaha. Dan kebiasaan ini kebawa ampe sekarang, setelah belasan tahun, dan iyaaahh gue masih penakut :))

Papah memfasilitasi kecintaan gue dengan buku dengan cara membelikan gue buku. Dulu pas masih kecil, titip beli buku tiap papah pulang kerja. Papah kerjanya di luar sumsel dan biasanya di kota besar. Secara Prabumulih ga ada toko buku, jadi gue selalu titip. Inget banget dulu belum ada hape, jadi nelp papa dari warnet dan bilang jangan lupa beliin buku pesenan :') Sekarang mah udah jarang dibeliin. Selain gue udah punya gaji sendiri, gue juga udah ngerti beli online. Beli buku jadi ga mesti ke toko buku, deh!! :D Dan papah juga yang bikinin rak buku dikamar. Awalnya cuma satu, terus karena udah penuh dibikinin lagi satu (yang sekarang udah penuh jugak). Papah bikin pake tangannya sendiri, potong kayu sendiri, maku sendiri, ngecat sendiri, masang di dinding sendiri.. :')

Dan rak buku penuh ga jadi alasan gue berenti beli buku. Rak penuh mah bisa bikin lagi, kali :))

Gue juga tipe orang yang ga cukup cuma baca. Gue pengen memiliki. Makanya gue jarang pinjem buku orang buat baca. Kalo pun kepalang pinjem, besok-besoknya tetep gue beli lagi buat koleksi. Hahahaha. Kebalikan ama orang yang suka baca tapi ga modal jadi maunya pinjem aja ya :p

Dan gue sayaaaaaang banget ama koleksi buku gue. Saking posesifnya, gue kadang ga rela kalo mereka dipinjem orang. Gue ga pernah suka buku gue dilipat untuk menandai bagian yang sudah dibaca (pake book mark dong!). Juga ga suka kalo buku ditekuk selagi baca yang menyebabkan covernya menganga (gitu deh pokoknya gue ga bisa ngomongnya tapi mudah-mudahan yang baca ngerti hhaha).Apalagi kalo dicoretin, hiiiiiih!!! Gue berencana nyampulin plastik, tapi baru sempey sebagian. Secara daya beli ama kemampuan nyampulin ga sebanding =))

Terus gue hapal buku-buku yang gue punya. Ilang satuuu aja, gue tau. Sebagian besar ceritanya gue apaalll... Apalagi yang udah gue baca berkali-kali dan jadi favorite gue. Hahaha, iya, gue sering baca satu buku berkali-kali, ampe hapal diluar kepala =)) ntah kenapa pelajaran sejarah gabisa dibikin enak kayak cerita-cerita dalam novel hhahaha

Genre bacaan gue macem-macem, tapi bisa dipastikan gue ga baca komik. Dulu banget sempet suka doraemon dan punya koleksi. Sekarang udah engga. Jangan sebutin judul komik-komik, gue ga bakal tau. Gue ga ngerti caranya baca komik, dan gue ga begitu suka buku yang banyakan gambar daripada tulisannya :D Kebanyakan buku gue genrenya metropop, atau teenlit, atau romance. Akhir-akhir ini mulai baca chicklit juga. Gue juga baca buku macam Harry Potter dan Twilight seri. Juga baca buku-buku personal literature dan tentang travelling. Tapi gue agak kurang suka baca buku-buku puisi. Karena jelas ya, gue suka baca buku, baca cerita. Drama-drama sweet yang bisa bikin khayalan macem-macem gitu, laaahh ~

Sebagian besar bacaan gue bisa dilihat di label review di blog ini. Dan itu cuma seperseberapanya. Masih banyak yang ga gue bikin review karena dulu belum kenal blog hahahahaha

Well, alhamdulillah tadi sempet beberes rak buku. Karena kemaren beli 27 buku baru dan tebel-tebel, sementara raknya udah penuh sesak, jadi gue mencari cara biar 27 buku ini masuk ke rak dan ga berceceran. Susun sana. Susun sini. Puter sana. Puter sini.

Dan, voilaaaaaa ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari