20 Juni 2015

Miss Colector

Judul : Miss Colector
Penulis : Omadi Pamouz
Penerbit : GPU, 2011

***

Baca blurb di back cover buku ini bikin gue langsung penasaran pengen baca. Bukan apa-apa, keyword "terjebak dalam pekerjaan"-nya itu yang bikin penasaran pengen baca. Apalagi katanya si tokoh akhirnya betah. Pada Beberapa periode waktu yang lalu, gue pernah mengalami hal serupa. Merasa terjebak pada pekerjaan yang sama sekali ga ada dalam pikiran gue, tapi karena suatu hal juga akhirnya betah.

Lembar demi lembar baca, gue senyum-senyum sendiri mendapati dilema si tokoh utama sama banget kayak gue. Bedanya cuma gue dulu udah tau bakal kerja di posisi apa, cuma jobdesc nya aja yang abu-abu. Dan samaaa kayak si tokoh dalam cerita novel ini, gue pun berkali-kali ingin menyerah di awal. Sampe pada titik tertentu yang ga bisa gue ceritakan, akhirnya gue malah betah, dan malah memimpin team gue berturut-turut jadi juara 1 se-area.

Selama baca entah kenapa gue ngerasa memahami isi hati si tokoh utama. Hahahaha. Mungkin karena merasa senasib kali, ya. FYI aja gue dulu juga kerjanya dibagian kredit-kreditan di perbankan. Tapi gue bukan debt collector. Ya tapi tetep ada lah adu argumen ama nasabah bebal yang ga sadar utang dan ga mau bayar. Dongk banget, ya. Jadi sekalian pesen nih buat kalian yang punya utang sama bank, please itu dibayar dong, jangan susah kalo ditagih, kalian ga tau aja itu para bankirnya gimana mau pecah kepala saking sebelnya. Pinjem kan baik-baik, ya bayar baik-baik juga lah, ya. Jangan sampe lah karmanya malah anak cucu cicit yang kerja beginian dan dihadapkan ama nasabah bandel. Hahahahahaha

Yang gue suka adalah penulis menggambarkan situasi dengan pas. Mungkin karena gue pernah bekerja pada bisnis yang mirip-mirip jadi ga banyakan roamingnya selama baca. Malah kayak lagi baca cerita jaman kerja disana dulu. Oh iya, sekarang gue udah ga jadi bankir lagi Alhamdulillah. Hehehe. Dan mungkin juga karena si penulis eks-bankir juga ya makanya paham dan bisa menuliskan dengan sangat baik, dan ga ada yang rancu :)

Konflik dan penyelesaian konflik yang diluar bayangan gue bikin keseluruhan cerita ini jadi keren. Twist-nya okeh. Beneran meninggalkan kesan diakhir. Ide cerita yang baru kali ini juga gue baca. Hahahaha. Cara penulisan yang sederhana dan ga susah dipahami bikin aktivitas membaca jadi enak...


Cocok buat bacaan mengisi waktu luang. Bukan bacaan berat jadi bacanya ga harus sambil mikir. Bacaan buat refreshing. Dan yakinlah ada pelajaran yang bisa kalian ambil begitu kelar baca.


Kalo gue? Pelajaran yang bisa diambil pasca baca adalah bahwa ga semua pekerjaan selalu sesuai dengan apa yang kita mau. Job title udah sesuai, job desc nya belum tentu. Yang keliatan keren juga belom tentu aslinya keren. yang keliatan susah juga belom tentu susah beneran. Kalo terpaksa ada dalam pekerjaan yang kita ga suka, jalani aja, percayalah bahwa Allah ga mungkin salah menempatkan kita. Kalo saat itu kita ada disana, pasti ada alesannya, pasti karena Allah tau kita mampu :) Seperti tokoh utama dalam novel ini, menurut dia pekerjaan ini ga cocok buat dia dan dia ga mampu. Nyatanya? Baca, deh!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari