25 Agustus 2012

Dialer Storage

Dear Android user. Jangan sekali-sekali clear data yang di dial storage kalo internal memory lo penuh. Jangan sekali-kali. Gue ulang, ya. JANGAN SEKALI-KALI. Jangan pernah sok-sokan nyoba. Gue baru aja melakukan kebodohan itu dan akhirnya jadi panik dan repot sendiri. Bhahahahaaa...

Jadi semalem, pas lagi telponan sama pacar, sambil ngotak-ngatik android yang lagi di cas. Terus ketarik kabelnya dan jatuh kebanting. Alhasil pas dilihat, androidnya layarnya kedap-kedip. Panik. Terus muncul notifikasi kalo internal memory-nya penuh, harus hapus beberapa supaya ada space kosong lagi. Langsung lah gue ke pengaturan aplikasi. Biasanya juga ngapus aplikasi yang nggak ke pake, itu pun cuma clear data-nya aja, bukan un-install. Entah kenapa semalem bego banget sampe mencet clear data buat yang dial storage. Pikiran gue sih, "ah ini aplikasi apa sih, kagak pernah dipake juga...". Jadilah gue clear data.

Dan tau apa yang terjadi sodara-sodara? I lost all of my message and phone history. Ya udah lah ya nggak gue ambil pusing juga. Cuma sms sama phone history juga ini. Tapi terus cek kontak? ILANG JUGA! SEMUANYA! *nangis guling-guling* Ada beberapa nomor yang nggak gue save di handphone satunya, yang cuma bener-bener gue save di android, dan itu hilang. Aaaaaakkkk :'( :'(

Dan ternyata penderitaan belum berakhir sampe disitu. Beberapa detik kemudian, GPRS-nya nggak mau muncul. Udah ngidup-matiin paket data. Udah restart, cabut batre, cabut memory, cabut sim-card terus pasang lagi. Tetep nggak bisa!!! Duh, panik. Gue loh yaaa... Gue kan nggak bisa idup kalo nggak ada internet. (meh!). Tapi kemudian gue berpositive thinking dengan mikir... "Ah, paling juga cuma gangguan jaringan aja. Tunggu sampe besok pagi, deh...". Pengen ganti pake kartu handphone satunya tapi males dan ngantuk banget. Jadi ya udah, matiin android dan lanjut ngobrol nggak jelas sama pacar.

Paginya, pas bangun, tuh GPRS masih nggak mau muncul. Gue sholat subuh dulu. Terus ngeliat handphone adek, GPRSnya lancar jaya. Berarti ada yang salah sama android gue. Akhirnya gue coba ganti pake beberapa simcard lain. Hasilnya? tetep nggak bisa. dan ini udah panik sepanik-paniknya!!! Terus googling. Hasilnya adalah? Hal itu terjadi karena dialer storage-nya dihapus. Matilah gue. Gimana cara balikin aplikasi yang udah kehapus? Ahh.. Mau ke samsung centre mah meuni jauh pisan di Palembang :(

Googling sana, googling sini... Akhirnya nemu postingan serupa di kaskus. Orang yang sama kayak gue nggak sengaja ngehapus dialer storage. Gue sih sengaja sih. Kan nggak tau itu fungsinya buat apa. Dan cara buat balikinnya lagi adalah di install ulang. Kalo install ulang kan semua data di handphone ilang kan, ya? Berat hati. Tapi ya mau nggak mau harus. Akhirnya karena nggak ada pilihan lain, gue meng-ikhlaskan android di install ulang. Dan, yah... Lo tau lah hasilnya, ya... Semua data ilang. Android gue jadi kayak baru lagi *nangis dibawah shower*

Sekarang gue lagi repot install aplikasi-aplikasi yang dulunya ada di android dan selalu gue pake. Such as : twitter (yang pertama kali), whatsapp, instagram, Al-quran (ciyeeh), blogspot, de el el. Dan aahhh I miss my old android :'( :'( :'( menyesuaikan pengaturan untuk aplikasi yang segitu banyaknya biar sama kayak yang selama ini gue pake ituuuu yang repot...

Tapi tetep bisa sambil nge-blog ya, Dhe? *ngangguk cantik* Bhahahahahaa Iyalah, sambil nunggu tuh aplikasi-aplikasi ter-install di android gue, daripada nggak ada kerjaan, ya jadinya ngeblog. Lagian liat blog posting terakhir udah lama gituh, kan kasian stalker yang ngecekin blogspot gue ini nggak dapet cerita apa-apa. Meeeh xD

Jadi, inti postingan gue kali ini adalah... Jangan sesekali nyoba clear data dialer storage di android lo. Apapun alesannya. Ya kecuali lo mau repot sih, terserah :p

Ada yang pernah mengalami hal yang sama kayak gue?
Eniwei, thanks to google :D

4 komentar:

  1. aku kaya gitu :'( yahhh install ulang :'( data.a ilang :'( aku belum ke konter lagi :'(

    BalasHapus
  2. ka, tapi kuq aku kontak.a gak ilang ? apa contact.ku aku taro di SD Card ? jadi gak ilang ?

    BalasHapus
  3. Sudah di install ulang? Install ulang nya bisa sendii kok. Googlingaja caranya. :)
    Aku phone book juga ilang. Pokonya yang di phone memory ilang semua *nangis* tapi ini alhandulillah udah beres. Udah bener semua :)

    BalasHapus
  4. T.T gw baru aja ngalamin kejadian ini..
    Kontak sih ga ilang
    tp pas charge, baru 1 menit udh 100%
    giliran charge nya di lepas balik 0 lagi,
    & gtu trus -_-

    Cara instal ulang sndiri gmn?

    BalasHapus

Blog Design ByWulansari