23 Desember 2010

..masa-lalu..

ada hal-hal indah di masa lalu, yang rasanya ingin sekali saya ulangi merasakannya. Tapi ada pula hal-hal pahit di sana, yang jangankan di ulangi, mengingatnya pun saya tak rela. Well, itu lah masa lalu. TEmpat dimana segala kejadian tersimpan rapi dan sewaktu-waktu bisa saja terputar ulang di otak.

Saya nggak pernah membenci masa lalu. Tidak untuk alasan apapun. Tidak karena dia pernah membuat saya menangis berbulan-bulan lamanya. Tidak karena dia pernah mengurung hati saya dalam cinta tak terjawab. Tidak untuk dia yang menggugurkan saya dalam seleksi PMDK. Tidak karena dia pernah mengacaukan semua harapan dan mimpi besar yang pernah singgah dalam pikiran saya. Tidak untuk alasan apapun.

Tapi saya juga tidak begitu saja mencintai masa lalu saya. Tidak untuk dia yang menghadirkan orang-orang hebat yang pernah singgah dan mewarnai hidup. Tidak untuk dia yang pernah membawa nama saya menjadi pemenang olimpiade. Tidak untuk setiap detik manis yang pernah terjadi. Tidak untuk satu hal apapun.

Masa lalu, akhirnya hanya tetap akan menjadi masa lalu. Tersimpan rapat. Tidak untuk diulang, hanya untuk dikenang sebagai pembelajaran.

Beberapa saat lamanya saya pernah terperangkap dalam rasa bersalah dan penyesalan memuncak. Untuk ini dan itu yang tidak sempat saya lakukan di masa lalu. Untuk hal-hal yang seharusnya saya lakukan tapi yang ada saya justru melakukan hal lain. Saat itu saya benar-benar ingin kembali ke masa lalu. andai saja Doraemon dan mesin waktu nya memang ada, saya pasti lah sudah kembali ke masa lalu. Dan memperbaiki segala hal agar saya bisa merasa “nyaman”dengan saat sekarang. Mengulangi beberapa hal dan membuat nya menjadi sebagaimana mestinya yang saya harapkan.

Tapi, sejurus kemudian serasa dihantam sebongkah batu. Saya tersadar. Apakah kembali ke masa lalu dan memperbaiki semua hal yang tidak seharusnya itu adalah pilihan yang benar??

Saya berfikir lama, terlalu lama malah, sbelum akhirnya saya menarik kesimpulan. Saat ini ada karena masa lalu. Baik dan buruk nya masa lalu, yang jelas saya nyaman dengan hidup 
saya yang sekarang.

Mungkin memang ada beberapa hal yang tidak sreg mengenai masa lalu saya, tapi toh, kalo tidak seperti itu dulu, maka saya tidak akan seperti ini sekarang. Ini tidak butuh penjabaran lebih, cukup saya yang tau :)

tentang beberapa hal yang mungkin ingin saya ubah. Tidak. saya sekarang tidak ingin mengubah apapun. Saya mensyukuri masa lalu yang mengajarkan saya begitu banyak hal indah dan hebat. Saya mensyukuri masa lalu yang pernah ada.

Juga mensyukuri kalian, sebagai pemeran dalam masa lalu saya.

Terimakasih untuk semua nya. Masa lalu yang, errr, baik dan buruk. Saya mencintainya. Saya menyimpan nya rapat sebagai kenangan. Kenangan yang akan selalu mengiring saya untuk terus belajar akan banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari