15 Desember 2015

Perempuan-Perempuan Tersayang

Judul : Perempuan-Perempuan Tersayang
Penulis : Okke Sepatumerah
Penerbit : Gagasmedia, 2015

***
Awal buku ini keluar, gue udah pengen beli. Karena gue emang suka cara bercerita mbak okke, dan juga karena setting cerita dalam novel ini adalah NTT. Karena gue penasaran sama NTT dan pingin banget kesana. Tapi karena itu jauh banget jadi gue dan ayank merencanakan honeymoon kesana. Cause Bali is too mainstream =)) Tapi entah kenapa niat beli buku ini selalu ga terealisasi sampe akhirnya malem-malem di ruang tunggu stasiun mau pulang ke khayangan, ngecek twitter, ehh mb okke lagi bikin promo beli buku ini free ongkir se-Indonesia, edisi tanda tangan mbak okke, plus bonus post card. Ga pikir panjang langsung kirim email order. Hehehehe.

Buku ini sampe ke gue juga drama abis. Nyaris 20 hari baru akhirnya sampe. Entah kenapa, nyasar, atau salah alamat, atau kenapa. Pokoknya tiap di cek resi-nya masih aja di kantor pos lubuk linggau, ga dianter-anter kerumah. Sampe email-email ama mbak okke dan mbak okke jadi repot ng-email agen pengirimannya. Alhamdulillah bukunya sampe. Dan langsung kelar dibaca dalam sekali duduk (dikantor, pas ga ada kerjaan, hahahahahaha).

Yang mau gue komentarin pertama kali adalah tulisan mbak okke di detail pengiriman itu booook cantik dan rapi sekali.. diukir gituuuh.. kayak kaligrafi... #eh :D Tulisan dibagian tanda tangannya jugaaak, rapiiiii, kayak diketik.... Mau dong diajarin nulis begitu... *mulai salah fokus*

Ekspektasi awal gue baca buku ini adalah akan banyak eksplor tempat wisata dan sebagainya yang bisa jadi panduan gue buat jalan-jalan kesana. Tapi sampe abis baca, gue ga nemu itu. Yang kemudian gue sadari kebegoan gue... Bok, ini kan novel, fiksi... Bukan personal litterature, atau bahkan buku-buku travelling story. Hahahaaahahaha... Tapi mbak okke, kapan-kapan kalo dea mau kesana, boleh kan nanya-nanya referensi tempat wisata dan sebagainya? hihihii...

Gue suka ide ceritanya. Karena pernah merasakan hal yang sama, harus memilih antara cita-cita atau keluarga. Tapi bagi gue, Family comes first. Dan syukurnya, ketika akhirnya gue memilih keluarga, Allah kasih jalan lain yang jauh lebih lebih lebih baik daripada yang pernah gue harapkan. Begitupun yang dialami Fransin (tokoh utama dalam novel ini). Cerita tentang Sherly dan satu tokoh pembantu lainnya membuka mata gue bahwa se-memalukan apapun kejadian itu, kita tidak boleh menghukum mereka dengan keras. Tapi amit-amit lah ya tertimpa kejadian seperti itu. Dan cerita itu pula yang membuka mata gue bahwa sebagai wanita kita perlu ekstra jaga diri. Kalo udah kejadian kayak Sherly, banyak yang repot... sekali lagi, amit-amit... #ketokmeja

Selipan bahasa NTT menambah sedikit pengetahuan bahasa gue. Sedikiiiiit banget. Apalagi kan gue anaknya ga gampang inget, plus cepet banget lupa. Jadi pas ada satu kata yang udah ada foot-note nya terus muncul lagi di beberapa halaman kedepan, gue lupa lagi artinya apa. Hahahahahaha. Dan gue juga ga cepet beradaptasi dengan bahasa baru, jadi tetep aneh selama baca dan nemu kata dengan bahasa itu =D

Cerita Fransin dan Fritz ini manis sekali, sih... Bikin senyum-senyum sendiri... Jodoh emang ga lari kemana-mana, ya. Berkali-kali pun kita dibersamakan dengan orang yang salah. Dan yang harus diinget dalam mencari pasangan adalah, carilah mereka yang akan menerima kita apa adanya, dan menyayangi keluarga kita seperti keluarga mereka sendiri. Dan satu lagi, yang tidak memaksakan kehendaknya. *dan kebanyakan DAN nya ya gue*

Covernya simple, warnanya sendu. Bukan jenis cover yang akan menarik minat mata orang pas lagi di toko buku. Bukan pula jenis cover yang akan menarik minat pembeli andai mereka ga kenal baik penulisnya dan pernah baca tulisannya. Blurb di back-cover lumayan bikin penasaran. Tagline-nya bikin gue awalnya ngira bahwa Fransin akan tetap bersama pacarnya yang di JKT. Hehehehehehe.

Well, satu sampe sepuluh... Tujuh buat novel ini.... Bacaan ringan dan manis, tapi juga menyelipkan pelajaran dengan cara yang sederhana. Bisa dibaca dalam sekali duduk tanpa skimming read. Siapkan camilan dan mari membaca kisah dari Tana Timor ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari