19 Januari 2017

Certified Auditor

Kirain setelah dosen penguji skripsi menyatakan gue lulus sidang, dan rektor mindahin kuncir toga, maka segala jenis ujian dalam hidup berakhir...

Ternyataaaaaaah....

Drama dimulai saat ikut ujian CPNS dari formasi umum. Belajarnya lebih lebih mau persiapan ujian nasional jaman SMA dulu. Dengan kapasitas otak yang makin ga mampu diajak nginget banyak, maksain belajar dan ngafal macem-macem. Alhamdulillah, lulus. Kirain beres....

Ternyata masih belum.

Waktu daftar CPNS, sejujurnya gue ga ngerti dengan formasi yang gue pilih. Apa itu fungsional apa itu struktural. Yang gue tau cuma formasi untuk s1 Akuntansi ada banyak. 18 orang. Udah itu aja. Ntah forjabnya apa, dikantor apa, dsb dsb nya gue gak gitu peduli. Ternyata jadi CPNS dengan formasi jabatan Auditor Pertama dan unit kerja Inspektorat itu berat.

Sebulan masuk, dijejelin banyak materi. Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, SAP berbasis akrual, sekian macem permenpan-RB, permendagri, permenkeu, undang-undang. Belum lagi perbup-perbup. Ya Allah... Untuk ukuran orang yang ga pernah jadi TKS atau honorer dan punya basic eks swasta kayak gue, rasanya pingin nyebur ke sungai aja daripada belajar macem-macem hal yang gue gak paham sama sekali. Beraaaaatt...

Setelah itu ternyata kita semua harus ikut Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa. Belajar lagi, persiapan ujian lagi... Persaingan dikantor gue dahsyat. Kalo ga lulus, di-bully. Maka kali ini, keinginan lulus adalah bukan karena mau punya keahlian dibidang tsb, tapiiiii demi harga diri. Dan alhamdulillah, setelah perjuangan usaha dan doa, bidadari lulus sertifikasi pengadaan barang dan jasa ini. Alhamdulillah.

Udah selesai ujiannya? Belum!

Ujian sesungguhnya baru dimulai akhir tahun 2016 tadi. Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor. Harus lulus krn formasi jabatan di SK gue adalah auditor. Harus lulus karena lagi-lagi ini masalah harga diri. Harus lulus karenaaaaa insentif fungsional auditor itu lumayan. Ehem.

Euphoria belajar, ujian, dan nunggu pengumuman Sertifikasi Auditor ini lebih lebih pas test CPNS atau Ujian Nasional dulu. Tiap hari baca buku, kemana-mana nenteng buku, hape penuh sama materi pelajaran, diskusi dan kerja kelompok tiap hari. Maksimaaaallll usahanya...

Hari ini, setelah tiga bulanan, pengumuman keluar. Alhamdulillah LULUS. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Sesuai dengan harapan. Tinggal nunggu dilantik Bupati aja terus resmi jadi Auditor Intern Pemkab Musi.Rawas Utara.

Bismillah... Semoga kedepannya kelak amanah dg jabatan baru, dijauhkan dari godaan fraud, tetap rendah hati, dan semoga semua ini tidak menjadi penghambat urusan bidadari dikemudian hari. Aamiin.

Thank you, God. Yang harus dea selesaikan sebelum menikah lunas semua sudah. Makasih sudah atur segala sesuatunya dengan baik, ya Allah. Bidadari bahagia ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design ByWulansari